Ribuan Petani dan Nelayan Hadiri Rakernas IV PDIP

Rakernas ke-IV PDIP di Jiexpo, Kemayoran Jakarta.
Sumber :
  • YouTube PDIP

VIVA – Jakarta - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri; Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, tiba di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 29 September 2023.

Siap Gusur Dominasi PKS, 6 Parpol Rajut Koalisi Demi Menangkan Pilkada Depok 2024

Pantauan VIVA di lokasi, pukul 13.45 WIB, Jokowi dan Ma'ruf datang ke JIExpo Kemayoran bersama Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Jokowi tampak memakai batik bewarna merah hitam. Sementara Ma'ruf Amin batik hitam.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Selain itu keempat ketua umum partai politik pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 juga hadir, di antaranya yaitu Ketua Umum (Ketum) Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo, Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono, dan Ketum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (Oso).

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas PDIP, Jiexpo, Kemayoran

Photo :
  • YouTube PDIP
Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

Selain jajaran para ketua umum, Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD; Menteri Sosial; Tri Rismaharini, Menkumham; Yasonna Laoly dalam Rakernas IV PDIP tersebut. 

Selain itu, Menteri Pariwisata, Ekoìnomi dan Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Menteri ATR/BPN; Hadi Tjahjanto dan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok juga turut hadir.

Jokowi, Megawati, dan Ma'ruf Amin lalu duduk bersebelahan. Tak lama kemudian, bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo menghampiri dan datang di sebelah Jokowi.

Diketahui, tema Rakernas IV PDIP adalah 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'.

Ratusan ribu kader dari tiga pilar partai PDIP hadir memadati arena Rakernas IV. Adapun, pilar pertama adalah struktural partai, anak ranting, ranting, pengurus anak cabang, pengurus partai, DPLN, DPC, DPD, hingga DPP partai.

Pilar kedua adalah seluruh anggota legislatif dari tingkat kabupaten, kota, provinsi, nasional, sementara pilar ketiga adalah seluruh eksekutif partai dari tingkat nasional, provinsi, seluruh kepala daerah, dan wakil di tingkat kabupaten atau kota.

Selain itu juga kurang lebih hadir juga kurang lebih 4.000 petani dan nelayan dari berbagai daerah juga ikut meramaikan perhelatan akbar PDIP ini.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan Megawati bakal menyampaikan pidato politiknya di rakernas. Menurut dia, pidato Megawati di rakernas merupakan tradisi.

"Ya tentu saja sebagai tradisi rapat kerja nasional, Ibu Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pidato politik, dan kemudian beliau juga akan menyampaikan pidato secara tertutup di dalam menggembleng seluruh partai," kata Hasto.

Hasto menuturkan, pidato Megawati bakal disampaikan secara terbuka hanya pada saat acara pembukaan rakernas saja.

Dia menambahkan, selain Presiden RI Jokowi, Wakil Presiden RI Maruf Amin juga dijadwalkan hadir. "Bapak presiden Jokowi juga akan menyampaikan sambutannya," ujarnya. 

Sementara, Ganjar Pranowo selaku bakal capres yang diusung juga akan menyampaikan pidatonya dalam acara tersebut. "Betul sekali, bahwa Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan yang juga sangat memahami," kata Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya