Masuk Radar Cawapres, Mahfud MD juga Sandiaga Uno Hadir di Rakernas IV PDIP

Rakernas ke-IV PDIP di Jiexpo, Kemayoran Jakarta.
Sumber :
  • YouTube PDIP

JakartaPDIP menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Jumat 29 September hingga Minggu, 1 Oktober 2023. Sejumlah Menteri pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, turut hadir dalam acara rakernas tersebut. 

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Dalam pantauan VIVA di lokasi, hadir Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD; Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menkumham Yasonna Laoly, turut hadir dalam Rakernas IV PDIP tersebut. 

Selain itu, Menteri Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok juga tampak hadir. Rakernas digelar PDIP ditengah tahun politik menuju Pemilu 2024.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Koalisi yang dibangun PDIP yang mengusung capres Ganjar Pranowo, bersama PPP, Hanura dan Perindo, saat ini masih menggodok siapa yang bakal menjadi bakal cawapres. Nama Mahfud MD dan Sandiaga Uno, termasuk dalam list tersebut.

Diketahui, tema Rakernas IV PDIP adalah 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'.

Ganjar Tegaskan Jadi Oposisi Mewakili Pribadi: Kalau Partai Akan Memutuskan Saat Rakernas

Ratusan ribu kader dari tiga pilar partai PDIP hadir memadati arena Rakernas IV. Adapun, pilar pertama adalah struktural partai, anak ranting, ranting, pengurus anak cabang, pengurus partai, DPLN, DPC, DPD, hingga DPP partai.

Pilar kedua adalah seluruh anggota legislatif dari tingkat kabupaten, kota, provinsi, nasional, sementara pilar ketiga adalah seluruh eksekutif partai dari tingkat nasional, provinsi, seluruh kepala daerah, dan wakil di tingkat kabupaten atau kota.

Selain itu juga kurang lebih hadir juga kurang lebih 4.000 petani dan nelayan dari berbagai daerah juga ikut meramaikan helatan akbar PDIP ini.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan Megawati bakal menyampaikan pidato politiknya di rakernas. Menurut dia, pidato Megawati di rakernas merupakan tradisi.

"Ya tentu saja sebagai tradisi rapat kerja nasional, Ibu Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pidato politik, dan kemudian beliau juga akan menyampaikan pidato secara tertutup di dalam menggembleng seluruh partai," kata Hasto.

Hasto menuturkan, pidato Megawati bakal disampaikan secara terbuka hanya pada saat acara pembukaan rakernas saja.

Dia menambahkan, selain Presiden RI Jokowi, Wakil Presiden RI Maruf Amin juga dijadwalkan hadir. 

"Bapak presiden Jokowi juga akan menyampaikan sambutannya," ujarnya. 

Sementara, Ganjar Pranowo selaku bakal capres yang diusung juga akan menyampaikan pidatonya dalam acara tersebut.

"Betul sekali, bahwa Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan yang juga sangat memahami," kata Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya