Megawati: Kebijakan Nasional Harus Berdaulat Pangan, Berdiri di Atas Kaki Sendiri

Rakernas PDI-P
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyebut pangan bisa jadi supremasi Indonesia di dunia internasional. Menurut dia, Indonesia mesti berdaulat pangan agar berdiri di atas kaki sendiri dan bisa melewati ancaman krisis pangan global.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Rakernas ini penting arah masa depan untuk Indonesia yang berdaulat dalam pangan," kata Megawati saat Rakernas IV PDIP di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, 29 September 2023. 

Dia menyinggung pernyataan ayahnya yang juga Presiden pertama RI Soekarno soal pangan itu hidup dan mati. Hal itu seperti yang terjadi dalam perang Ukraina Vs Rusia. Kondisi itu dikhawatirkan akan membuat Indonesia makin tergantung dalam pangan.  

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Megawati mengatakan kondisi global sekarang dengan sejumlah negara penghasil sumber pangan mulai setop ekspor akan berdampak terhadap Indonesia.

Bacapres Ganjar Pranowo, Presiden Jokowi, dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Photo :
  • istimewa
Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024

Dia bilang Indonesia tak boleh terjajah oleh makan impor agar tak terjadi krisis pangan. "Tidak boleh ada kemiskinan dalam buminya Indonesia merdeka," ujar Presiden ke-5 RI tersebut.

"Perspektif ideologis dapat dirancang membuat Indonesia tidak tergantung pada impor Kedelai, daging, dan lain-lain. Indonesia kaya raya sehingga bisa memenuhi sendiri," jelasnya.

Pun, dia punya alasan PDIP dalam rakernas kali ini menyinggung kedaulatan pangan. Dalam Rakernas, juga mengundang petani dan nelayan hadir karena mereka mesti dilibatkan dalam sentral kebijakan maka dalam rakernas ini mereka kita hadirkan, ungkapnya.

"Kebijakan nasional harus berdaulat pangan, berdiri di atas kaki sendiri. Apakah bisa? Sangat bisa," ujar Megawati.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas PDIP, Jiexpo, Kemayoran

Photo :
  • YouTube PDIP

Menurut dia, seluruh desain politik nasional mesti menjadikan petani dan nelayan sebagai sentral kebijakan. Dia meminta kader PDIP bisa sejahterakan petani dan nelayan.

"PDI Perjuangan tidak akan pernah menyerah untuk kedaulatan pangan dan PDIP akan memenangkan pemilu legislatif dan memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden," ujarMegawati.

Hal senada disampaikan Bakal Capres Ganjar Pranowo. Menurut dia, dalam rakernas kali ini luar biasa karena pilihan tema Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat. Dia menuturkan perlu diperkuat dalam urusan swasembada untuk bahan pokok demi kepentingan rakyat. "Penting hadirnya negara untuk petani dan nelayan agar berdiri di atas kaki sendiri," ujarnya.

Bagi dia, jika ingin sejahterakan wong cilik maka melalui pangan. Dengan pangan yang kuat, Indonesia makin berdikari dan berdaulat dalam pangan. "Dengan mendukung petani dan nelayan maka Indonesia dapat berdikari dalam pangan," tutur eks Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya