OSO Buka Suara soal Nama Cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Ketum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang membuka jalan sehat di Purworejo
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Surabaya – Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) buka suara soal nama bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi bakal calon Presiden Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024 mendatang. Menurut dia, tak lama lagi nama pendamping Ganjar akan segera diumumkan.

Pilpres Usai, Mahfud: Perjuangan Belum Berhenti

“Itu nanti kita runding lagi (bakal cawapres Ganjar). Sedikit lagi, sebentar lagi,” kata OSO usai ‘Sekolah Politik’ di DPD Partai Hanura Jawa Timur, Surabaya pada Sabtu malam, 30 September 2023.

Ketika ditanya berapa nama yang sudah mengerucut untuk menjadi bakal calon wakil presiden mendampingi Ganjar, OSO enggan menjawab. Menurut dia, Partai Hanura sudah memiliki kekompakan dalam kerja sama politik dengan PDI Perjuangan, PPP dan Partai Perindo.

Qodari Sebut Jokowi dan Prabowo sebagai Dwitunggal: Tidak Bisa Dipecah Belah

“Nanti kalau saya bocorin, namanya membocorkan. Nanti yah,” ujarnya.

Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang di Palembang Sumsel

Photo :
  • VIVA/ Ilham
Politikus Muda PDIP: Jokowi Membakar Rumahnya Sendiri

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa Ketua umumnya, yaitu Megawati Soekarnoputri sudah mengantongi dua nama kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo di pilpres 2024 mendatang.

Namun, Hasto menyebut tinggal menunggu pengumuman dari Megawati Soekarnoputri. Para ketua umum parpol pendukung Ganjar pun sudah menyampaikan masukan soal cawapres ke Megawati.

"Ya nama sudah ada. Tunggu tanggal mainnya saja dari Bu Megawati Soekarnoputri. Masukan dari presiden, dari para Ketum partai, sudah disampaikan," ujar Hasto saat menjawab pertanyaan dua nama cawapres Ganjar di JiExpo, Jakarta Pusat, pada Jumat, 29 September 2023.

Hasto mengatakan bahwa nama-nama kandidat cawapres Ganjar yang telah diusulkan ke Megawati sudah dikerucutkan dari lama. Presiden Jokowi juga telah membisikkan beberapa kandidat untuk mendampingi Ganjar.

"Ya nama-nama kan sudah dikerucutkan karena pendalaman itu sudah berlangsung cukup lama. Tadi kan juga bisikan-bisikan pak Jokowi, juga pembicaraan dengan bu Megawati dalam perjalanan ke sini. Kemudian dengan mas Ganjar, itu kan menunjukkan adanya kesepahaman," kata Hasto.

"Sehingga dengan rakernas sebagai momentum yang sangat positif yang menyatukan petani dan nelayan dengan kepemimpinan yang berpihak itu akan mendorong upaya pengumuman bakal cawapres dan tentu saja kita ikuti tahapan yang diberikan KPU," sambungnya.

Sebelumnya, Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo buka suara soal Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Menko Polhukam Mahfud MD menjadi kandidat terkuat sebagai cawapresnya di Pilpres 2024. Bahkan, kabarnya dua nama itu sudah ada di kantong Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Ganjar Pranowo, Rakernas PDI-P

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ganjar tak membantah jika dua nama tersebut menguat sebagai bakal cawapres yang akan mendampingi dirinya.

"Ya, semua isunya menguat karena kita mau bahas pangan," kata Ganjar jelang acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 29 September 2023.

Dikabarkan, nama Khofifah dan Mahfud MD jadi kandidat terkuat bakal cawapres Ganjar Pranowo. Bahkan dua nama tersebut sudah masuk dalam kantong Megawati Soekarnoputri. Isunya dua nama tersebut sudah dibahas dan dikonsultasikan dengan para ketua umum parpol pendukung Ganjar dan Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya