Megawati Bakal Tutup Rakernas PDIP Siang Hari Ini

Rakernas ke-IV PDIP di Jiexpo, Kemayoran Jakarta.
Sumber :
  • YouTube PDIP

Jakarta – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV hari ini. Ketua DPP PDIP, Said Abdullah menegaskan seluruh kader wajib memenangkan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) 2024.

Wakil Bupati Malang Daftar Jadi Calon Wali Kota Batu di DPC PDIP

"Rakernas akan ditutup oleh Ibu Megawati Soekarnoputri pada pukul 13.00 WIB. Mau tidak mau, suka tidak suka, maka keputusan final adalah Ganjar akan memenangkan Pilpres 2024 yang akan datang. Hanya Ganjar dan Ganjar presiden 2024," ucap Said Abdullah di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 1 Oktober 2023. 

Ia menjelaskan, tema kedaulatan pangan Rakernas IV PDIP untuk memastikan anggaran pupuk segala macam bisa dijangkau apabila Ganjar terpilih menjadi presiden.

Mendag Zulkifli Hasan Sebut Kolaborasi Jadi Kunci Atasi Pelambatan Ekonomi

"Tema kedaulatan pangan di dalamnya kita ingin memastikan jika Ganjar menang maka anggaran pupuk dan skema pemberian pupuk akan tepat waktu dijangkau petani," ujar Said.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas PDIP, Jiexpo, Kemayoran

Photo :
  • YouTube PDIP
Megawati Resmi Perpanjang Kontrak dengan Red Sparks, Ternyata Segini Kenaikan Gajinya di Musim Depan

Said menjelaskan, PDIP ingin petani dan nelayan harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. "Kita akan memuliakan petani, kita akan memuliakan nelayan kita, tidak ada kata lain, tunggal," ujarnya.

Diketahui, tema Rakernas IV PDIP adalah 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'.

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyebut pangan bisa jadi supremasi Indonesia di dunia internasional. Menurut dia, Indonesia mesti berdaulat pangan agar berdiri di atas kaki sendiri dan bisa melewati ancaman krisis pangan global.

"Rakernas ini penting arah masa depan untuk Indonesia yang berdaulat dalam pangan," kata Megawati saat Rakernas IV PDIP di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, 29 September 2023. 

Dia menyinggung pernyataan ayahnya yang juga Presiden pertama RI Soekarno soal pangan itu hidup dan mati. Hal itu seperti yang terjadi dalam perang Ukraina vs Rusia. Kondisi itu dikhawatirkan akan membuat Indonesia makin tergantung dalam pangan.  

Dia mengatakan, Indonesia tak boleh terjajah oleh makan impor agar tak terjadi krisis pangan. "Tidak boleh ada kemiskinan dalam buminya Indonesia merdeka," ujar Presiden ke-5 RI tersebut.

"Perspektif ideologis dapat dirancang membuat Indonesia tidak tergantung pada impor Kedelai, daging, dan lain-lain. Indonesia kaya raya sehingga bisa memenuhi sendiri," jelasnya.

Pun, dia punya alasan PDIP dalam rakernas kali ini menyinggung kedaulatan pangan. Dalam Rakernas, juga mengundang petani dan nelayan hadir karena mereka mesti dilibatkan dalam sentral kebijakan maka dalam rakernas ini mereka kita hadirkan.

"Kebijakan nasional harus berdaulat pangan, berdiri di atas kaki sendiri. Apakah bisa? Sangat bisa," ujar Megawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya