Survei Indikator: Tren Elektabilitas Ganjar Pranowo Terus Menanjak

Bacapres Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo memancarkan optimisme kuat untuk menjadi Presiden pada tahun 2024. Hal ini terlihat dari keunggulan elektabilitasnya yang unggul dari dua kandidat lainnya.

Masuk Bursa Cagub Jawa Tengah, Hendi Mengaku Belum Ada Komunikasi dengan PDIP

Hasil survei dari Indikator Politik Indonesia dengan tema "Swing Voters, Efek Sosialisasi dan Tren Elektoral Jelang Pilpres 2024" mengukuhkan posisi Ganjar.

Survei menunjukkan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo berada di puncak dengan angka mencapai 37,4%. Sementara itu, Prabowo Subianto menempati posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 33%, dan Anies Baswedan berada di urutan ketiga dengan angka 21,5%.

Menohok! Balasan Petinggi Gerindra ke Ganjar soal Politik Akomodasi: Apakah Salah?

Ganjar Pranowo di Rakernas PDI-P

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, menyampaikan, "Ini tiga nama, Anies 21,5%, Ganjar 37,4%, Prabowo Subianto 33%. Nah ini sebelah kanan adalah tren elektabilitas capres tiga nama," dalam keterangan tertulis pada Sabtu, 30 September 2023.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Lebih lanjut, tren elektabilitas ketiga calon pada periode Juli-Agustus 2023 menunjukkan Ganjar mengalami kenaikan. Sementara Anies dan Prabowo mengalami penurunan elektabilitas. Pada bulan Juli 2023, Ganjar meraih 35,2%, Prabowo 33,2%, dan Anies 23,9%. Kemudian pada Agustus 2023, elektabilitas Ganjar naik menjadi 37,4%, Prabowo turun menjadi 33%, dan Anies merosot hingga 21,5%.

Bacapres Ganjar Pranowo di Rakernas PDIP, Jiexpo, Kemayoran, Jakarta.

Photo :
  • YouTube PDIP

Survei nasional Indikator Politik Indonesia dilaksanakan dari 25 Agustus hingga 3 September 2023 dengan melibatkan 1.200 responden berusia 17 tahun atau yang sudah menikah. Pewawancara yang telah dilatih melakukan wawancara tatap muka dengan responden terpilih. 

Responden berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Metode simple random sampling digunakan dalam pengambilan pendapat. Margin of error atau toleransi kesalahan dari sampel basis ini sekitar 2,9%, dengan tingkat kepercayaan 95%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya