Mentan Syahrul Yasin Limpo Bakal Temui Presiden Jokowi Hari Ini di Istana

Mentan Syahrul Yasin Limpo tiba di Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • Ist

Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bakal menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Kamis, 5 Oktober 2023 hari ini. Hal ini dilakukan setelah muncul dugaan keterlibatan politikus Partai Nasdem itu, dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Jokowi dan Iriana Bertolak ke Sumbar, Tinjau Lokasi dan Korban Banjir Bandang

Mentan Syahrul Yasin Limpo telah pulang ke Indonesia, pada Rabu, 4 Oktober 2023 malam. Saat tiba di Jakarta, Syahrul Yasin Limpo langsung menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower 

"Saya diminta untuk menyampaikan bahwa besok (Kamis) Pak Mentan akan ke Istana menghadap Bapak Presiden," kata Kuasa Hukum Syahrul Yasin Limpo, Febri Diansyah di Nasdem Tower, Menteng, Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2023 dini hari.

Gantikan Raisi yang Tewas usai Kecelakaan Helikopter, Iran Bakal Gelar Pilpres 28 Juni

Eks Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

Photo :
  • VIVA/ Edwin Firdaus.

Febri yang ditunjuk menjadi tim pengacara Syahrul Yasin Limpo ini tak menjelaskan secara rinci, agenda pertemuan Syahrul Yasin Limpo dengan Presiden Jokowi. Ia pun memastikan, akan memberikan pendampingan hukum terhadap Syahrul Yasin Limpo.

Puan Bertemu Jokowi di WWF Ke-10, Elite PDIP Sebut "Beliau Tidak Baperan"

"Tadi yang disampaikan ke kami adalah besok akan menghadap bapak presiden ke istana, jadi itu yang baru bisa kami konfirmasi dan kami sampaikan hari ini. Yang pasti tim hukum ini akan mendampingi dalam proses hukum yang berjalan mulai hari ini ke depan di tahap penyidikan," kata dia.

Febri pun menjelaskan, dirinya kembali ditunjuk menjadi kuasa hukum Syahrul Yasin Limpo dalam proses penyidikan. Ia didampingi Rasamala Aritonang, bersama timnya.

"Pak Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian tadi meminta kami melakukan pendampingan hukum pada tingkat penyidikan," ucapnya.

Mantan juru bicara KPK ini mengatakan, tim kuasa hukum Syahrul Yasin Limpo terdiri dari beberapa pengacara. Febri pun berharap agar proses hukum yang diduga melibatkan Syahrul Yasin Limpo berjalan sesuai aturan.

"Tentu saja untuk memastikan dalam proses penyidikan ini prosesnya berjalan prosedural dan segala hak yang diatur secara hukum itu dipenuhi," tuturnya.

Sebelumnya, Mentan Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan kembali dari Eropa pada tanggal 30 September 2023 dan tiba di Indonesia pada tanggal 1 Oktober 2023. 

Namun, Mentan SYL sempat dikabarkan hilang kontak usai kunjungan kerja, seperti yang diungkapkan pertama kali oleh Wakil Mentan Harvick Hasnul Qolbi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 3 Oktober 2023.

Menurut Harvick, pihaknya di Kementan tidak bisa menghubungi Syahrul sejak yang bersangkutan dijadwalkan pulang dari kunjungan kerjanya di Italia dan Spanyol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya