Surya Paloh soal SYL Terseret Kasus Korupsi: Saya Paham Bagaimana Terhinanya Dia

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh
Sumber :
  • Istimewa / Tangkapan Layar

Jakarta - Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh buka suara soal kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) RI yang menyeret kader partainya sekaligus Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo alias SYL

KPK Sita Mobil Mewah Mercedes Benz Milik SYL

Kata Paloh, kasus dugaan korupsi itu membuat SYL kecewa dan sedih. Tak hanya itu, ia juga memahami SYL merasa terhina setelah terseret kasus dugaan korupsi tersebut. 

"Di dalam negeri, dia mengalami suatu peristiwa yang saya bisa pahami bagaimana terhinanya dirinya, kecewa, sedih," kata Paloh dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Nasdem, Kamis, 5 Oktober 2023.

5 Potret Nayunda Nabila, Biduan Cantik yang Terseret Kasus Korupsi Eks Mentan SYL

Kekecewaan itu kata Paloh tak hanya dirasakan SYL. Paloh mengaku kasus dugaan korupsi yang menyeret SYL juga mengusik hatinya.

Syahrul Yasin Limpo Sampaikan Surat Pengunduran Diri Sebagai Mentan ke Mensesneg

Photo :
  • VIVA/ Ahmad Farhan Faris
SYL Marah Jika Anak Buahnya Telat Bayar Setoran: Kamu Kurang Loyal!

Meski demikian, Paloh akhirnya minta SYL untuk fokus menghadapi penegakan hukum atas kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) yang tengah diselidiki KPK.

"Terlepas dari semua permasalahan, upaya kita menegakkan keadilan kasus hukum yang berlangsung. Sekali lagi, konsistensi dan penghormatan, upaya penegakan hukum tidak akan pernah surut sedikit pun,” jelas Paloh. 

“Itu perlu saya tegaskan. Baik atas nama pribadi atau atas nama seluruh keluarga besar Nasdem," ujar Paloh.

Mentan SYL Mundur dari Kabinet Jokowi

Sebelumnya, Bendahara Umum Partai Nasdem, Ahmad Sahroni menyebut SYL akan mundur dari jabatannya di Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Pertanian (Mentan).

Mentan Syahrul Yasin Limpo menyerahkan surat pengunduran diri ke Jokowi

Photo :
  • Ist

SYL direncanakan akan menghadap Presiden RI Jokowi di Istana Kepresidenan, Kamis, 5 Oktober 2023. Sahroni bilang, kedatangan SYL rencananya untuk menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian.

"SYL mundur iya (dari Kabinet Indonesia Maju). Tapi belum tahu dia ngajuin suratnya kapan, harusnya tadi," kata Sahroni di Kantor DPP Partai Nasdem, Kamis, 5 Oktober 2023. 

Sahroni menyebut rencana SYL mundur sebagai Mentan sudah disampaikan kepada Ketua Umum Nasdem Surya Paloh "Iya sudah, sudah tadi pagi," jelasnya.

Seperti diketahui, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bakal menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Kamis, 5 Oktober 2023 hari ini. Hal ini dilakukan setelah muncul dugaan keterlibatan politikus Partai Nasdem itu, dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

SYL mendatangi Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis petang 5 Oktober 2023. Dia mendatangi Istana untuk menyampaikan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Mentan.

SYL tiba di Istana Kepresidenan Jakarta sekitar pukul 17.20 WIB. SYL terlihat didampingi Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Siti Nurbaya. 

"Saya sore hari ini datang meminta waktu Bapak Presiden dan diberi kesempatan melalui Mensetnsg Pak Pratikno untuk menyampaikan usul dan surat pengunduran diri saya sebagai Menteri," kata Syahrul, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2023.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya