Pakar: Jika Yenny Wahid Cawapres, Ganjar Bisa Menangkan Putaran Kedua Kalahkan Prabowo

Yenny Wahid resmi mengundurkan diri dari posisi Komisaris Independen Garuda Indonesia.
Sumber :
  • Instagram Yenny

Jakarta - Putri Abdurahman Wahid alias Gus Dur yaitu Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid dinilai sebagai figur yang potensial dipertimbangkan jadi bakal cawapres. Yenny dianggap pas jika berduet dengan bakal capres Ganjar Pranowo.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Pakar Politik Ujang Komarudin menganalisa Yenny Wahid patut dipertimbangkan partai politik pendukung Ganjar Pranowo untuk jadi bakal cawapres di Pilpres 2024. Menurut Ujang, Ganjar bisa diuntungkan jika nanti lolos putaran kedua dengan head to head melawan Prabowo Subianto.

"Jika Yenny Wahid jadi Cawapres Ganjar, putaran kedua Pilpres akan dimenangkan. Apabila ini nantinya berhadapan dengan Prabowo Subianto," kata Ujang di Jakarta, Selasa, 10 Oktober 2023.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Baca Juga: Yenny Wahid Bakal Gabung Timses Ganjar? Arsjad Rasyid: Saya Sangat Berharap

Yenny Wahid berbincang dengan Arsyad Rasyid pada kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di pondok pesantren Krapyak, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu, 8 Oktober 2023.

Photo :
  • ANTARA
Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Ujang mengasumsikan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto akan lolos di putaran kedua dengan merujuk berbagai hasil survei belakangan ini. Ia mengatakan demikian karena Ganjar dan Prabowo konsisten berada di urutan teratas dibandingkan bacapres lainnya Anies Baswedan yang duet dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Maka menurut saya kalau yang bertarung di putaran kedua nanti Ganjar vs Prabowo, suara AMIN (Anies-Muhaimin) saya kira akan bergeser ke Prabowo," jelas Ujang.

Menurut dia, jika Yenny jadi tandem Ganjar maka suara Gusdurian bila berlabuh beri dukungan.

"Dengan adanya Yenny Wahid di kubu Ganjar, maka suara PKB itu kemungkinan besar akan bergeser ke Ganjar. Suara Gusdurian juga dipastikan full ke Ganjar," tutur dosen Universitas Al Azhar Indonesia tersebut.

Direktur The Wahid Foundation Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid saat memberikan kuliah kebangsaan di FISIP Universitas Indonesia, Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2022.

Photo :
  • ANTARA

Pun, dia menyebut Yenny juga punya basis suara akar rumput terutama dari kalangan kiai, santri, Gusdurian dan NU.

"Yenny Wahid yang memiliki garis keturunan dari Nahdlatul Ulama (NU). Yenny bukan hanya dekat dengan NU, tapi dia merepresentasikan NU itu sendiri," sebut Ujang.

Lebih lanjut, Yenny yang keluarga besarnya berada di Jawa Timur menjadi salah satu pertimbangan karena Jawa Timur merupakan salah satu provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak.

"Suara di Jawa Timur ini kan yang menjadi rebutan bagi banyak pasangan calon, di samping empat provinsi lainnya. Dengan Yenny Wahid sebagai cawapres maka akan menambah peluang kemenangan bagi calon presiden," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya