Prabowo Subianto Unggul Tipis dari Ganjar di Jawa Timur dan Anies Keok, Hasil Survei Poltracking

Partai yang dukung bacapres Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo
Sumber :
  • VIVA

Jakarta – Prabowo Subianto unggul tipis dari Ganjar Pranowo, untuk elektabilitas bakal capres khusus di wilayah Jawa Timur. Sementara suara Anies Baswedan, masih berada di posisi buncit.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Itu adalah hasil survei Poltracking Indonesia, yang baru merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas calon presiden dalam simulasi tiga nama, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Survei ini juga hanya khusus dilakukan di wilayah Jawa Timur. 

Dalam temuannya, Prabowo Subianto yang diusung Koalisi Indonesia Maju atau KIM, unggul tipis dari Ganjar Pranowo. Prabowo memperoleh suara 40,6 persen dan Ganjar 38,2 persen.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

"Hasilnya adalah di Jawa Timur per periode survei akhir September, Prabowo Subianto sedikit unggul daripada Ganjar. Prabowo mendapatkan 40,6 persen, kemudian Ganjar di 38,2 persen," ujar Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi dalam paparannya secara daring, Rabu, 11 Oktober 2023.

Sementara untuk bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan, yaitu Anies Baswedan, hanya memperoleh suara sebesar 13,6 persen. Berada di posisi buncit dengan jarak yang cukup jauh.

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

"Sementara Anies, jauh gap-nya di antara kedua kandidat, di angka 13,6 persen," ucap Arya Budi.

Arya Budi mengatakan bahwa hasil survei antara Prabowo dan Ganjar masih sangat kompetitif. Meskipun, kata dia, secara perolehan angka Prabowo masih unggul daripada Ganjar. 

"Jika kita hitung gap-nya, mungkin ini sekitar 2,4 persen antara Prabowo dan Ganjar. Sementara Anies, cukup tinggi di antara dua kandidat lain, di atas 20 persen," kata Arya Budi.

Adapun survei Poltracking Indonesia itu dilakukan secara khusus di Jawa Timur pada periode 25 September sampai 1 Oktober 2023. Kemudian, untuk margin of error sebesar kurang lebih 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Metodologi survei menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden 1.000 responden warga Jawa Barat yang sudah berusia 17 tahun ke atas dan memiliki hak pilih. Lalu, teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara tatap muka langsung dengan responden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya