Walau Sering Hadir, PSI Belum Diikutkan Bahas Cawapres di KIM

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Kaesang Pangarep
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, dalam beberapa momentum ikut bersama-sama Gerindra dan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo Subianto sebagai capres. Terakhir, saat silaturahmi SBY dan AHY ke kediaman Prabowo di Hambalang Bogor, sebelum Partai Demokrat resmi mendukung Prabowo di Rakernas.

Pesawat Kelima Super Hercules C-130J TNI AU Pesanan Menhan Prabowo Tiba di Indonesia

Meskipun kerap hadir di KIM, namun Prabowo Subianto mengatakan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak diundang dalam rapat pertemuan ketua umum partai KIM pada hari ini, Jumat, 13 Oktober 2023. Sebab PSI yang kini dipimpin Kaesang Pangarep belum secara resmi mendeklarasikan dukungan terhadap pencapresan Prabowo pada Pilpres 2024.

"Yang akan datang adalah ketua umum partai-partai yang sudah resmi masuk Koalisi Indonesia Maju. Jadi PSI walaupun sering hadir tapi resminya belum masuk koalisi," kata Prabowo kepada wartawan, dikutip Jumat, 13 Oktober 2023.

PDIP Bakal Pantau Gaya Kepemimpinan Prabowo

Prabowo pun berharap, Kaesang dalam waktu dekat akan segera memutuskan mendukung dirinya dan kemudian bisa bergabung ke dalam KIM.

"Jadi insya Allah kita berharap (PSI) akan bergabung," jelasnya.

Dari Qatar, Prabowo Subianto Langsung ke Sumatera Barat Cek Korban Banjir Lahar

Sebelumnya diberitakan, bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto mengatakan para ketua umum partai politik (parpol) pendukungnya dalam Koalisi Indonesia Maju akan berkumpul pada Jumat, 13 Oktober 2023.

Hal itu dikatakan Prabowo saat disinggung mengenai usulan nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk dirinya. 

Kata Prabowo, usulan nama-nama cawapres yang beredar akan dibawa ke dalam forum perkumpulan para ketua umum koalisi.

"Saya bagian dari suatu koalisi yang terdiri dari beberapa partai. Jadi, usulan-usulan itu saya katakan bahwa akan saya bawa ke forum rapat ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju yang rencananya besok malam akan kita selenggarakan," kata Prabowo kepada wartawan, Kamis, 12 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya