Silaturahmi ke Keluarga Hasyim Muzadi, Ganjar Pranowo: Pak Hasyim Memberi Banyak Ilmu ke Saya

Ganjar Pranowo di Ponpes Al-Hikam, Malang Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA/ Uki Rama

Malang – Ganjar Pranowo mengunjungi Pondok Pesantren Al-Hikam, di Lowokwaru, Kota Malang Jawa Timur pada Jumat 13 Oktober 2023. Ini adalah pondok pesantren yang didirikan oleh mantan Ketua Umum PBNU, mendiang KH Hasyim Muzadi.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Di komplek Ponpes Al-Hikam, Ganjar langsung menggelar pertemuan dengan keluarga besar Al-Hikam. Ganjar didampingi oleh Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah. 

Sedangakan dari lingkungan Al-Hikam, tampak pengasuh Ponpes Muhammad Nafi' alias Gus Nafi adik dari mendiang Hasyim Muzadi. Serta tampak pula Kiai Haji Abdul Hakim atau Gus Hakim selaku putra dari mendiang Hasyim Muzadi. 

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Setelah mengobrol di halaman 'Ndalem' Ponpes Al-Hikam, Ganjar Pranowo dan semua laki-laki yang beragama Islam menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Al Ghozali yang berada di area Ponpes Al-Hikam.

Usai salat Jumat, Ganjar mengaku dirinya datang untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar Ponpes Al Hikam. Dia mengaku punya kedekatan dengan mendiang Hasyim Muzadi. Kebetulan dirinya dan Ahmad Basarah pernah menjadi jemaah haji dimana pemimpin rombongan waktu itu adalah Hasyim Muzadi. 

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Pak Hasyim memberikan banyak ilmu ke saya. Pernah saya naik haji sama Pak Basarah di 2012. Waktu itu beliau Amirul Hajj. Beliau khutbah soal haji yang mabrur sepulang dari tanah suci ada perubahan yang menurut saya orang menjadi lebih baik," kata Ganjar.

Capres yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan didukung PPP, Perindo dan Hanura, ini mengaku memiliki kedekatan emosional dengan mendiang Hasyim Muzadi. Untuk itu dia sangat senang bisa datang langsung ke Ponpes Al Hikam. 

Soal apakah dirinya meminta dukungan di Pilpres 2024 pada keluarga besar Ponpes Al Hikam, Ganjar hanya menjawab kedatangnya untuk bersilaturahmi. 

"Saya merasa punya kedekatan dengan beliau dan hari bisa bersilaturahmi dengan beliau, bertemu dengan keluarganya. Ada pesan-pesan dari keluarganya. Maka Alhamdulillah setiap silaturahmi selalu ada sesuatu yang membikin nilai-nilai persaudaraan kita makin lebih baik, mudah-mudahan terjaga terus," jelas mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya