Elektabilitas Tinggi, Prabowo Dinilai Punya Kans Besar Menangi Pilpres 2024

Resmi, Projo Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Bakal capres sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dinilai punya peluang memenangkan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Salah satu acuannya karena Menteri Pertahanan RI itu punya elektabilitas tinggi versi hasil sejumlah lembaga survei.

Pengamat Ingatkan Prabowo Bahaya Politik Merangkul yang Kebablasan

Pengamat Politik Universitas Padjadjaran, Ari Ganjar Herdiansah menganalisa Prabowo punya peluang di 2024 dalam putaran pertama atau putaran kedua. Menurut dia, dengan elektabiliats saat ini, Prabowo cenderung unggul dari dua calon rivalnya yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Kans Prabowo cukup besar, apalagi kalau masuk putaran kedua, suara pendukung Anies akan berpindah ke beliau," kata Ari, Sabtu, 14 Oktober 2023.

Ini Harapan Industri Hulu Migas RI ke Prabowo Sebagai Presiden RI Selanjutnya

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Kaesang Pangarep

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mengutip hasil survei terbaru Poltracking Indonesia periode 2-9 September 2023, Prabowo unggul head to head dari Anies Baswedan. Prabowo meraih 51,2 persen dan Anies meraup 28,3 persen.

Unggul di Survei, Dendi Suryadi Figur Potensial jadi Bupati Kukar

Sementara, saat head to head dengan Ganjar, Prabowo dapat elektabilitas 46,1 persen. Adapun Ganjar yang juga eks Gubernur Jawa Tengah itu mendapat 39,8 persen.

Lalu, dalam survei Polling Institute periode 1-3 Oktober 2023, Prabowo juga unggul secara head to head dari dua rivalnya tersebut. Pun, saat berhadapan dengan Ganjar, Prabowo meraih elektrabilitas 45,4 persen. Sedangkan, Ganjar dapat 34 persen.

Begitu juga saat Prabowo berhadapan dengan Anies. Eks Danjen Kopassus itu dapat 50,7 persen dan Anies mendapat 28,8 persen.

Moncernya elektabilitas Prabowo dinilai karena kedekatan Prabowo dengan tokoh besar seperti Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY. Hal itu jadi poin penting tingginya elektabilitas Prabowo di setiap survei.

Ari bilang, kedekatan tersebut tak dimiliki oleh Ganjar ataupun Anies. Menurut dia, faktor itu yang cenderung Anies dan Ganjar selalu kalah dari Prabowo secara head to head.

Bagi dia, keunggulan tersebut bisa memudahkan jalan Prabowo memenangkan Pilpres 2024. "Prabowo juga lebih diterima oleh tokoh-tokoh Jabar, dibanding Ganjar dan Anies," ujar Ari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya