Airlangga Kasih Sinyal Gibran Cawapres Prabowo dari Jateng

Bacapres Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberi sinyal soal dukungan calon wakil presiden (cawapres) yang sudah disepakati oleh partai politik (parpol) pendukung Prabowo di pemilu 2024.

Maju Pilgub Babel Kembali, Erzaldi Rosman Ngaku Didukung Prabowo

Adapun empat sosok cawapres yang disepakati ketua-ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju (KIM), Salah satunya berasal dari Jawa Tengah.

"Kemarin kan sudah diumumkan bahwa Provinsi Jawa Tengah ada di dalam sana," ujar Airlangga kepada wartawan saat ditanya soal sosok cawapres Prabowo, dikutip Minggu, 15 Oktober 2023.

Gerindra: Prabowo Sudah Kantongi Nama untuk Pilgub Jakarta 2024

Airlangga Hartarto.

Photo :
  • Yeni Lestari/VIVA.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan nama cawapres Prabowo Subianto bakal ditentukan setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal batas usia capres-cawapres.

Golkar, PAN dan Demokrat Sepakat Koalisi Usung Jaro Ade di Pilkada Kabupaten Bogor

"Bisa jadi seperti itu. Kita lihat. Saya dengar di awal Minggu depan ini akan ada putusan MK. Saya pikir kita ikuti bersama," katanya.

Kendati begitu, AHY belum menjelaskan secara rinci terkait empat sosok kandidat cawapres yang telah disepakati KIM. Ia hanya menyebut ada komitmen di antara petinggi partai untuk tak membocorkan nama-nama itu.

Sebagai informasi, Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto mengatakan nama calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya untuk maju di Pilpres 2024 sudah mengerucut. Menurut dia, pengerucuran itu sudah jadi empat nama.

Hal itu dikatakan Prabowo usai gelar pertemuan dengan para ketua umum partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM) di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat, 13 Oktober 2023.

"Tentang cawapres, kita juga tadi melaksanakan diskusi di mana setiap ketua partai menyampaikan pandangan-pandangannya yang akhirnya kita malam hari ini sudah mengerucut menjadi empat nama," kata Prabowo dalam konferensi pers.

Prabowo bersama Ketum Partai koalisi Indonesia Maju

Photo :
  • Dokumentasi PAN

Namun, Prabowo tak membocorkan empat nama tersebut. Hanya saja, dia mengungkap satu usulan nama berasal dari luar Jawa dan tiga lainnya dari pulau Jawa.

"Empat nama yang bisa disampaikan adalah satu calon dari luar Jawa, satu calon dari Jawa Barat, satu calon dari Jawa Tengah, dan satu calon dari Jawa Timur," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya