Ketua Umum Hanura Terima Kedatangan Mahfud MD dan Benny Rhamdani di Rumahnya

Tangkapan layar Menko Polhukam Mahfud MD (tengah), Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dan Wakil Ketum Hanura Benny Rhamdani (kiri) berfoto di sela pertemuan di kediaman OSO, Jakarta, Selasa malam, 17 Oktober 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Jakarta - Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) di kediamannya, Jakarta, Selasa malam, 17 Oktober 2023, menerima kunjungan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Kepala BP2MI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Hanura Benny Rhamdani.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Tadi (OSO dan Mahfud) ngobrol soal situasi kebangsaan dan bercanda sambil makan malam," kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Hanura Benny Rhamdani saat dihubungi beberapa awak media.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo itu menjelaskan pertemuan kedua tokoh itu bukan kali pertama karena OSO dan Mahfud pernah beberapa kali bertemu sebagai teman dan sahabat.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

Photo :
  • IST

OSO, Mahfud, dan Benny bertemu menjelang pengumuman bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi bakal capres PDIP Ganjar Pranowo.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

PDIP sebagai partai yang mengusung Ganjar bersama PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo, berencana mengumumkan bakal cawapres pendamping Ganjar di Jakarta pada Rabu pagi.

Pertemuan OSO, Mahfud dan Benny berlangsung sejak sekitar pukul 19.00 sampai 20.30 WIB. Benny menyebut pertemuan berlangsung hangat dan akrab.

TPN Ganjar Pranowo, pada Selasa, mengonfirmasi kabar nama pendamping Ganjar yang rencananya diumumkan berinisial M. Namun, Benny enggan menyebut nama bakal cawapres Ganjar itu.

Ganjar Pranowo Nonton MotoGP Mandalika

Photo :
  • Istimewa/VIVA

Kendati demikian, isyarat nama itu mengarah pada Mahfud MD setela beredar foto Mahfud MD dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Megawati di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta, Selasa, menerima kedatangan Mahfud MD. Pertemuan itu dibenarkan oleh salah satu Tim Media Ganjar Pranowo, Anton Sudibyo.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan pada 19 sampai 25 Oktober 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya