Ganjar Gandeng Mahfud MD, Pengamat Usul Prabowo Pilih Yusril Jadi Cawapres

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Yusril Ihza Mahendra
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Setelah Mahfud MD resmi diumumkan oleh Megawati Soekarnoputri, sebagai bakal cawapres mendampingi Ganjar Pranowo, kini siapa yang mendampingi Prabowo Subianto?

Maju Pilgub Babel Kembali, Erzaldi Rosman Ngaku Didukung Prabowo

Koalisi Indonesia Maju atau KIM, dinilai perlu mendorong sosok yang bisa mengimbangi Mahfud MD. Nama Ketua Umum Partai Bulan Bintang atau PBB, Yusril Ihza Mahendra, diangga mampu mengimbangi. Selain soal elektoral pemilih Muslim.

Di Koalisi Indonesia Maju (KIM), beberapa nama mencuat seperti Gibran Rakabuming Raka, Yusril Ihza Mahendra, hingga Erick Thohir.

Terima Kunjungan Dubes India yang Baru, Prabowo Dorong Peningkatan Kerjasama

Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, berandai-andai jika dengan terpilihnya Mahfud MD mendampingi Ganjar dan Gibran Rakabuming gagal, maka ada beberapa nama.

"Jika Gibran Rakabumung gagal maju, maka tersisa nama-nama yang menjadi ketua umum partai politik. Ada Airlangga Hartanto dan Yusril Ihza Mahendra, walaupun PAN mengajukan nama Erick Thohir," kata Hendri Satrio

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

"Jadi tinggal tiga nama itu yang diseleksi yang mana kira-kira dekat dengan umat Muslim, karena di kubu Anies ada Muhaimin dan kemudian ada Prof Mahmud MD yang sudah fixed dengan Ganjar," jelas Hendri.

Saat ini, Anies-Cak Imin dengan Ganjar-Mahfud MD, menurutnya adalah lawan yang sepadan di Pilpres 2024. Apalagi nanti Prabowo bisa menggandeng Yusril.

Potensi suara Yusril, adalah pada kalangan Islam moderat. Sementara Mahfud dari kalangan Islam Nahdlatul Ulama atau NU. 

Senada, Direktur Riset Parameter Strategi Indonesia, Tri Yudha Haryanto, menilai jika dipasangkan dengan Prabowo, Yusril berpotensi meraup suara dari pemilih muslim. 

"Nama-nama cawapres potensial juga hadirkan kejutan baru di Koalisi Indonesia Maju (KIM) yaitu Yusril Ihza Mahendra muncul sebagai teknokrat dan paling berpengalaman dalam pemerintah dan dekat dengan umat Muslim," ujar Tri Yudha.

Berdasarkan hasil survei Parameter Strategi Indonesia pada 1-7 Oktober 2023 dengan menggunakan metode multyistage random sampling, dia memperlihatkan posisi suara untuk cawapres.

Berdasarkan survei, cawapres Prabowo dekat dengan umat muslim, yakni Yusril Ihza Mahendra 19,6 %, Erick Thohir 17,4 %, Yenny Wahid 14,8 %, Gibran Rakabuming Raka 10,7 %, Airlangga Hartarto 8,3 %, Agus Harimurti Yudhoyono 4,8 %, Tidak Tahu / Tidak memilih 24,4%.

Nama Yusril juga muncul dalam beberapa kategori yang disimulasikan oleh Parameter Strategi Indonesia. Yakni berdasarkan kemampuanya memberikan keadilan pada rakyat, dan juga sebagai tokoh Islam moderat. 

Bacawapres Prabowo dekat dengan pemilih Muhammadiyah:

1. Yusril Ihza Mahendra 18,4 %

2. Erick Thohir 14,6 %

3. Gibran Rakabuming Raka 10,8 %

4. Airlangga Hartarto 6,2 %

5. Agus Harimurti Yudhoyono 5,8 %

6. Yenny Wahid 3,2 %

7. Tidak Tahu / Tidak memilih 41%

Bacawapres Prabowo dekat yang mampu menegakkan ketatanegaraan bangsa:

1. Yusril Ihza Mahendra 27,4 %

2. Gibran Rakabuming Raka 16,5 %

3. Agus Harimurti Yudhoyono 11,5 %

4. Yenny Wahid 9,7 %

5. Airlangga Hartarto 6,7 %

6. Erick Thohir 5,8 %

7. Tidak Tahu / Tidak memilih 22,4 %

Jika bicara nama cawapres yang dianggap bisa mengelola ekonomi, muncul nama Airlangga Hartarto 24.7 %, Erick Thohir 20.4 %, Yusril Ihza Mahendra 17.6 %.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya