Mahfud MD Cawapres Ganjar Pranowo, Jubir Anies: Kami Siap Berkompetisi

Ganjar Pranowo-Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Bakal capres Ganjar Pranowo resmi menggaet Menko Polhukam Mahfud MD sebagai bakal cawapresnya untuk Pilpres 2024. Mahfud MD sudah dideklarasikan PDIP dan koalisi.

Pengakuan Mengejutkan Johan Budi soal Revisi UU MK Dibahas Diam-diam di Komisi III DPR

Juru Bicara Anies Baswedan, Surya Tjandra menanggapi poros Ganjar yang memilih Mahfud MD. Dia menyebut pasangan Anies dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan siap menghadapi segala macam tantangannya.

Menurut Surya, duet dengan akronim Amin itu sudah siap menghadapi kontestasi pilpres 2024.

Respons Mahfud MD soal Rencana Pengesahan Revisi UU MK yang Pernah Ditolak

"Dengan Ganjar-Mahfud, atau siapa pun, kami siap berkompetisi beradu program dan rekam jejak untuk menyediakan pilihan yang terbaik bagi rakyat," ujar Surya, Rabu 18 Oktober 2023.

Waketum Nasdem Ahmad Ali (kanan) temani Anies-Cak Imin di markas DPP PKS.

Photo :
  • Dok. PKS
Gerindra Belum Dapat Informasi Soal Megawati-Prabowo Bakal Bertemu pada 17 Agustus

Pun, dia menilai pihaknya memberikan ucapan terimakasih kepada Ganjar dan Mahfud MD. Kini, kata dia, timses Amin fokus pada pendaftaran besok ke KPU.

"Kami ucapan selamat pada PDIP, yang telah berhasil menetapkan Bacawapres di tengah segala keterbatasan yang dihadapi," jelas Surya.

Dia mengklaim Anies dan Cak Imin memikirkan nasib rakyat jika terpilih sebagai Presiden RI dan Wakil Presiden RI. Kata Surya, kalau bisa jangan ada lagi rakyat yang hidup melarat.

"Buat Anies-Imin yang terpenting saat ini bagaimana ratusan juta rakyat kita jangan lagi hidup melarat. Harga bahan pokok tidak terus naik; beras bisa murah; dan solar nelayan bisa tersedia," ujar Surya.

"Siapa pun capres atau cawapres, perlu menjawab tantangan anak muda kita untuk bisa dapat kerja layak di tengah gempuran UU Cipta Kerja," ujar Surya.

Sebelumnya, PDIP dan koalisi resmi mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo pada Rabu, 18 Oktober 2023. Deklarasi Mahfud sebagai pendamping Ganjar diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pengumuman Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar dilakukan di markas DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu, selain Megawati, hadir sejumlah Ketua Umum parpol pendukung Ganjar Pranowo.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, maka calon wakil presiden yang dipilih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar pranowo, adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD," kata Megawati, di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Rabu 18 Oktober 2023.

Megawati menuturan, penunjukan Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar dilakukan secara matang. Dia memiliki berbagai pertimbangan mengapa menjatuhkan pilihan pada Mahfud MD sebagai Cawapres Ganjar.

Salah satu yang jadi perhatiannya terkait persoalan akibat liberalisasi politik dan perekonomian negara RI.

"Yang akhirnya berdampak pada meningkatnya kasus korupsi, dengan berbagai persoalan tersebut saya pikirkan dengan seksama Sebagai latar belakang,” ujar Megawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya