Harapan Rieke usai Mahfud Jadi Cawapres Ganjar: Kembalikan Marwah MK

Menko Polhukam Mahfud MD dengan Politisi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta - Politisi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka berharap Prof. Mahfud MD dapat mengembalikan marwah Mahkamah Konstitusi (MK). Seperti diketahui, MK sebagai lembaga terhormat kini menjadi sorotan pascaputusan kontroversial mengenai batas usia capres dan cawapres.

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Rieke mengatakan, harapan 'penjaga konstitusi' tersebut dititipkan di pundak Mahfud MD bukan sekadar ia seorang tokoh bangsa, dan juga sebagai mantan Ketua MK. Lebih dari itu, Rieke mengatakan, harapan itu dia sampaikan karena Mahfud dipilih sebagai bakal cawapres yang diusung partainya PDI Perjuangan, mendampingi Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

"Beberapa hari lalu, kami (Rieke dan Mahfud) berdiskusi serius. Lebih serius dari sebelum-sebelumnya. Wajah Bapak lebih 'menyala' dari biasanya. Tak bisa semua diceritakan. Yang jelas, peristiwa hari ini bukan untuk 'balas' peristiwa yang tertunda 2019," kata Rieke dalam keterangan resminya, Rabu 18 Oktober 2023.

"Karena kita semua sedang berjuang. Jangan ada lagi yang mencabik-cabik konstitusi," tambah Rieke.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Rieke mengatakan, dalam perbincangan itu, sejarah yang terjadi saat ini tidak boleh lagi terulang di masa depan. Bagaimana konstitusi seakan diubah hanya untuk kepentingan segelintir orang.

"Indonesia negara hukum. Konstitusi di hirarki tertinggi. Kami bersepakat, jika Allah mengijinkan keputusan pagi ini, hingga pendaftaran ke KPU tidak ada halangan, ini jalan dari Allah untuk kembalikan marwah Mahkamah Konstitusi," harap Rieke.

Rieke berkisah, bagaimana sosok Presiden Indonesia ke-4, almarhum Abdurrahman Wahid tegas menyatakan sosok Mahfud MD adalah penjaga konstitusi.

"Bertahun lalu di RSCM, saya dan Pak Mahfud temani Gus Dur. Bertiga saja kami, saat itu Prof Mahfud hendak berjuang di Mahkamah Konstitusi. Saat Prof pulang, Gus Dur berkata, 'penjaga konstitusi'," kisah Rieke mengenang.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kepada Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman, Rieke mengatakan, bahwa rencana ataupun keputusan manusia tentu tidak akan mampu melampaui kekuasaan Tuhan YME.

"Sebaik-baiknya rencana manusia, hanya rencana Tuhan yang terbaik dan pasti terjadi. Sebesar-besarnya kekuasaan manusia, tak akan mampu lampaui kekuasaan Sang Maha Kuasa. Peristiwa hari ini, dimulai dari diplomasi 'jambal pete masak santan' Bu Ageng di rumah Butet Kertaredjasa di Yogyakarta," ujar Rieke.

"Mas Butet, sehat selalu. Sampai juga kita pada hari ini. Lanjut #GAMA2024," kata Rieke mengakhiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya