Jadi Bakal Cawapres Ganjar, Mahfud MD Bisa Tingkatkan Kepercayaan pada Hukum

Ganjar Pranowo-Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Teka-teki siapa pendamping calon presiden PDIP, Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, akhirnya pecah. 

Kiky Saputri Kritik Program Tapera, Malah Dibully Warganet: Hipokrit

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, resmi mengumumkan nama Menko Polhukam RI, Mahfud MD, sebagai bakal cawapres Ganjar Pranowo.

Keputusan Megawati tersebut dinilai begitu tepat oleh Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam.

Ragukan Program Tapera, Mahfud: Perhitungan Matematisnya Tidak Masuk Akal

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Secara peluang, nama Mahfud MD merupakan sosok yang memiliki peluang besar untuk maju bersama Ganjar. Kemudian, selama ini tidak ada gesekan antara Mahfud MD dengan partai koalisi pendukung Ganjar. 

Mahfud Sebut Revisi UU MK Perpanjang Masa Tugas Anwar Usman Jadi 16 Tahun

"Kan yang tidak cocok sama Pak Mahfud hanya PKB dan Golkar, yang sekarang bukan di koalisi PDI Perjuangan. Jadi aman Pak Mahfud tidak ada yang menolak," ujar Surokim. 

Selain itu, ia menilai PDI Perjuangan bisa membaca kebutuhan untuk bisa memenangkan secara mutlak Pilpres 2024. Sebab, nama Mahfud MD memiliki elektabilitas yang cukup menunjang suara Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selain itu, nama Mahfud MD selama ini juga terdengar minim pemberitaan negatif sehingga mendapat kepercayaan dari masyarakat. Khususnya di bidang hukum.

"Pak Mahfud punya keunggulan dalam konteks kebutuhan kekinian terkait daulat hukum dan disukai pemilih rasional dan gen Z (milenial). Orangnya berintegritas, lugas, jujur dan berani. Selain itu juga punya kedekatan dengan kultur nahdliyin. Relatif bisa diterima oleh semua kalangan lintas elemen," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya