Pengamat: Capres-Cawapres Ideal Harus Representasikan Jawa dan Luar Jawa

Ilustrasi surat suara di pemilu
Sumber :
  • vstory

Jakarta – Pengamat Politik dari Universitas Nasional (Unas) Alfan Alfian mengatakan seharusnya pasangan capres dan cawapres dapat mereprestasikan keterwakilan Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. Alfan menyampaikan sejauh ini belum ada capres atau cawapres yang berasal dari luar Pulau Jawa.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

"Pasangan presiden dan wakil presiden yang ideal tercatat dalam sejarah ialah Sukarno-Hatta yang merepresentasikan tokoh Jawa dan luar Jawa. Sehingga kalau ada cawapres dari luar Jawa itu dalam benak publik dianggap sudah selayaknya," ujar Alfan di Jakarta, Rabu 18 Oktober 2023.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA
Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Alfan mengatakan tokoh luar Jawa juga memiliki kemampuan yang baik dalam memimpin bangsa. Alfan menyebut keterwakilan tokoh luar Jawa juga akan memberikan banyak dampak positif dari sisi kebersamaan, persatuan, dan pemerataan pembangunan. 

"Jadi kalau cawapres dari luar Jawa sudah sangat pas apabila direfleksikan dengan pengalaman sejarah kita," ucap Alfan.

Prabowo Mau Buat Presidential Club, Ganjar: Bagus-bagus Aja

Alfan menilai kehadiran cawapres dari luar Jawa juga memberikan bukti bahwa komitmen pasangan capres dan cawapres tersebut dalam membangun Indonesiasentris. 

"Tampilnya tokoh dari luar Jawa sebagai cawapres tentu mengingatkan kita pada Bung Hatta yang juga tokoh nasional dari Sumatera dan visioner dalam pengembang ekonomi bangsa," kata Alfan.

Sebagaimana diketahui, sampaj dengan saat ini hanya ada 3 nama yang bakal maju menjadi Capres pada Pemilu 2024, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Ketiganya merupakan tokoh yang lahir dan besar di Pulau Jawa.

Partai yang dukung bacapres Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo

Photo :
  • VIVA

Kemudian untuk nama Cawapres, baru ada 2 orang yang sejauh ini telah didaulat sebagai Cawapres. Yaitu Muhaimin Iskandar yang mendampingi Anies Baswedan dan Mahfud MD yang mendampingi Ganjar Pranowo.

Kedua tokoh bakal Cawapres itu, berasal dari Pulau Jawa. Belum ada tokoh dari luar Jawa yang bakal menjadi Capres maupun Cawapres pada Pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya