Pendaftaran Capres Cawapres Dimulai Hari Ini: Anies-Cak Imin Pertama Disusul Ganjar-Mahfud MD

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Tahapan pendaftaran capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dimulai pada Kamis hari ini, 19 Oktober 2023. Pendaftaran akan berlangsung hingga sepekan ke depan.

HNW Ungkap PKS Jakarta Usul Anies jadi Cagub Jakarta, Koalisi Perubahan Bisa Reuni

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan jadi yang pertama mendaftar ke KPU. Dari agenda, Anies-Cak Imin akan sampai ke gedung KPU sekitar pukul 08.15 WIB.

Anggota Badan Pekerja Anies-Cak Imin, Lukmanul Khakim menjelaskan rangkaian kegiatan rombongan menuju KPU akan dilakukan dengan mendatangi satu persatu kantor DPP parpol. Anies dan Cak Imin akan berangkat dari kediaman eks Gubernur DKI Jakarta itu di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

DKPP Berhentikan Dua Penyelanggara Pemilu yang Terbukti Melanggar Kode Etik

"Terus dilanjutkan ke kantor partai pengusung. Ke PKS lanjut ke kantor PKB terus ke Nasdem Tower lanjut ke KPU. Nyampe KPU sekitar jam 8 pagi," kata Lukman saat dikonfirmasi VIVA, Kamis, 19 Oktober 2023.

Anies Baswedan Sungkem ke Ibundanya Sebelum Mendaftar ke KPU

Photo :
  • VIVA/ Zendy Pradana
Nasdem soal Peluang Usung Anies di Pilkada Jakarta: Kita Utamakan Kader

Dari pantauan VIVA, di kediaman Anies, sudah tiba Cak Imin yang ditemani sang istri, Rustini Murtadho. Selain itu, ada istri dan putra putri Anies.

Rencananya, Anies-Cak Imin akan diarak dengan mobil jeep terbuka dari kantor Nasdem Tower menuju KPU. Namun, rencana diarak dengan mobil jeep terbuka ini masih tentatif.

Diperkirakan massa relawan pendukung sudah berada di kawasan gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng. "Relawan pendukung di sana mas. Ada juga yang mungkin di Nasdem Tower. Siap sambut," ujar Lukman.

Ganjar-Mahfud MD Sesi Kedua

Poros koalisi pengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga akan mendaftarkan capres dan cawapresnya ke KPU pada Kamis siang nanti sekitar pukul 11.00 WIB. Dari agenda yang diterima VIVA, massa dari elemen kader parpol pengusung, relawan, dan Tim Pemenangan Nasional Tim Pemenangan Nasional (TPN) berkumpul di tiga titik lokasi.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Untuk titik kumpul pendukung, Taman Menteng dan Taman Lawang. Sementara, pasangan calon Ganjar dan Mahfud MD akan berada di Tugu Proklamasi.

Adapun para ketua umum dan sekjen parpol langsung berkumpul di Kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Nomor 27 Menteng, Jakarta Pusat.

Lalu, rombongan Ketum dan Sekjen parpol pengusung akan bergerak mendahului ke KPU RI sebelum rombongan paslon dan massa. Kemudian, Ganjar-Mahfud direncanakan akan bergerak dari Tugu Proklamasi, Menteng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya