Alasan Ganjar-Mahfud MD Pilih Tugu Proklamasi Jelang Daftar ke KPU

Bacapres Ganjar Pranowo di Tugu Proklamasi, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Wakil Ketua Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud, Ahmad Basarah menjelaskan alasan capres-cawapres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memilih Tugu Proklamasi menjadi tempat kumpul bersama pendukung dan relawan sebelum mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pilpres Usai, Mahfud: Perjuangan Belum Berhenti

Basarah menyampaikan bahwa pihaknya sengaja memilih tempat di bawah langsung patung sang proklamator, Bung Karno dan Bung Hatta ini. Sebab, ada pesan yang ingin disampaikan pasangan ini kepada masyarakat.

"Untuk memberikan suatu kesan kuat kepada masyarakat Indonesia bahwa Ganjar dan Mahfud akan memulai niatnya mengikuti kontestasi pemilu presiden  pada 14 Februari 2024 yang akan datang," kata Basarah ditemui di Tugu Proklamasi, Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023.

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Sebagai sebuah pasangan calon yang telah didukung PDIP, PPP, Hanura dan Perindo, Ganjar-Mahfud ingin menegaskan satu pemikiran untuk melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa, mewujudkan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945, dan itu merupakan konsensus Bangsa indonesia.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Wakil Ketua MPR itu memandang bahwa itulah komitmen yang paling fundamental bagi kepemimpinan Ganjar dan Mahfud jika kelak Allah SWT memberikan ridhonya, dan rakyat Indonesia memberikan amanatnya kepada mereka.

"Saya kira itu inti filosofi mengapa kami memilih tempat gedung proklamasi atau taman proklamasi ini sebagai tempat kami mulai berkumpul dan start untuk menuju KPU pada hari ini," ujarnya.

Sebagai informasi, bakal calon presiden, Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden, Mahfud MD tiba di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, Mahfud MD lebih dulu tiba pukul 09.45 WIB. Ia memakai baju kemeja panjang berwarna putih lengkap dengan peci hitam dan celana panjang hitam.

Sedangkan Ganjar Pranowo tiba pukul 10.15 WIB menggunakan baju kemeja panjang berwarna hitam. 

Selain itu, tampak Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo, Arsjad Rasjid dan Wakil Ketua TPN, mantan Wakapolri Komjen (purn) Gatot Eddy Pramono.

Tugu Proklamasi dipenuhi para relawan Ganjar-Mahfud. Mereka lengkap memakai atribut baju bertuliskan 'Ganjar Mahfud Untuk Indonesia'. Mereka berdua disambut dengan musik keroncong.

Sebelum menuju Tugu Proklamasi, Mahfud MD senantiasa berdoa di kediamannya untuk meminta kepada Tuhan dalam rangka mendaftarkan diri sebagai cawapres Ganjar Pranowo.

"Udah berdoa meminta ridha kepada Allah bersama untuk kebaikan Indonesia, saya akan ke KPU untuk daftar," kata Mahfud MD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya