Gerindra Undang Gibran ke Rapimnas, Bakal Datang?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming yang sudah dideklarasikan jadi bacawapres Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Partai Gerindra menyelenggarakan rapat pimpinan nasional (rapimnas) hari ini, Senin, 23 Oktober 2023 di The Darmawangsa Hotel, Jakarta Selatan. Dalam acara rapimnas ini, Gerindra turut mengundang bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto, yakni Gibran Rakabuming Raka.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Rahayu Saraswati atau Sara meyakini ada undangan terhadap Gibran. Namun, dia belum dapat memastikan apakah Gibran akan hadir dalam rapimnas tersebut atau tidak.

"Saya yakin undangan ada, tetapi kembali lagi apakah akan hadir atau tidak kita tunggu," kata Sara kepada wartawan, Senin, 23 Oktober 2023.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Golkar Dukung Gibran Rakabuming Raka Jadi Cawapres Prabowo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sementara,  Sara berharap Gibran dapat menghadiri acara rapimnas Gerindra. Hal itu mengingat, keputusan ditunjuknya Gibran sebagai bakal cawapres Prabowo sudah final oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

"Harapannya demikian saya rasa karena tadi malam sudah ada pembahasan antara pimpinan KIM, terutama kami dari kalangan anak mudanya sangat menanti apakah itu akan terus disampaikan pada keputusan hari ini sesuai harapan kami," ujar Sara.

"Mudah-mudahan kita bisa berjumpa langsung dengan cawapres kami," jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sudah resmi dideklarasikan KIM sebagai bakal cawapres mendampingi Prabowo untuk Pilpres 2024. Deklarasi langsung diumumkan Prabowo di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu malam, 22 Oktober 2023.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Rahayu Saraswati

Photo :
  • IG @rahayusaraswati

Deklarasi disampaikan Prabowo usai rapat dengan para Ketua Umum KIM seperti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha, hingga Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra. 

"Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat, mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden KIM untuk 2024-2029. Dan, saudara Gibran Rakabumingraka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo, Minggu, 22 Oktober 2023. 

Prabowo menyampaikan, untuk berikutnya, ia bersama Gibran akan mendaftarkan diri sebagai capres dan cawapres ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023. Ia bilang deklarasi cawapresnya merupakan yang ditunggu publik.  

"Saya kira itu pengumuman yang sudah ditunggu-tunggu, dan ini yang disampaikan ke masyarakat umum, tanggal 25 akan daftar di KPU," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya