Jokowi Ungkap Hasil Pertemuannya dengan AHY di Istana Ditengah Kabar Reshuffle Kabinet

Presiden Jokowi dan AHY
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

Jakarta - Presiden Joko Widodo, mengungkapkan isi pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Senin kemarin, 23 Oktober 2023.

Cerita Jokowi Bertemu Bos Apple-Microsoft: Memprihatinkan

“Ya biasa, pertemuan silaturahmi,” kata Presiden Jokowi, di Hutan Kota Plataran, Senayan pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Selain silaturahmi, kata Kepala Negara, pertemuan dengan putra Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), itu membicarakan banyak hal. Hanya saja, Jokowi tidak mengungkap secara spesifik isi pembicaraannya dengan AHY.

Jawaban Kocak Jokowi Usai Lengser

“Berbicara hal-hal yang biasa kita bicarakan ketemu dengan partai,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah Partai Demokrat akan masuk Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, Jokowi tidak menjawab. Akan tetapi, Jokowi cuma menganggukkan kepalanya sambil berjalan didampingi mantan Menteri Perdagangan, Enggartaisto Lukita.

Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic ke Pemerintahan, Jokowi: Udah Bener

Presiden juga sempat melakukan pertemuan tertutup dengan SBY, di Istana Merdeka, beberapa waktu lalu. Pertemuan itu ditengah-tengah kabar reshuffle kabinet, yang saat itu posisi Syahrul Yasin Limpo yang masih menjabat Menteri Pertanian, sedang ada persoalan di KPK.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi mengungkap akan ada perombakan atau reshuffle Menteri Kabinet Indonesia Maju pada pekan ini. Memang, saat ini posisi Menteri Pertanian masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) Arief Prasetyo yang juga Kepala Badan Pangan Nasional.

“Mungkin Minggu ini,” kata Jokowi di Hutan Kota Plataran, Senayan pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Namun, Jokowi tidak menyebut kapan hari dan waktu untuk perombakan kursi kabinet. Sebab, kata dia, masih dalam persiapan untuk reshuffle kabinet tersebut.

“Baru disiapkan (hari),” ujarnya.

Ketika ditanya pos apa saja yang direshuffle, Jokowi tidak menampik kalau reshuffle dilakukan untuk mengisi pos definitif Menteri Pertanian.

“Menteri Pertanian,” ucapnya.

Saat ini, Kepala Badan Pangan, Arief Prasetyo ditunjuk oleh Presiden sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian. Pasca Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri sebagai Menteri Pertanian. Surat itu diajukan melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno pada Kamis sore, 5 Oktober 2023.

“Penggantinya masih Plt. Plt Pak Arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 6 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya