Demokrat Belum Mau Berandai-andai Kabar AHY Isi Kursi Menteri di Kabinet Jokowi

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Rapimnas Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Nama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, mencuat untuk masuk dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Apalagi, AHY sudah bertemu Presiden Joko Widodo di Istana pada Senin kemarin.

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Kabar AHY akan mengisi posisi Menteri Pertanian kemudian mencuat, setelah putra sulung Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY itu, mengunggah foto dia sedang di perkebunan apel Malang, di Kota Batu Jawa Timur.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, menjelaskan mereka tidak mau berandai-andai lebih jauh akan hal tersebut. Menurut Kamhar, Demokrat saat ini hanya fokus pada persiapan Pemilu 2024, dimana pemilu legislatif dan pemilu presiden digelar bersamaan pada 14 Februari 2024.

Arah Politik Pilkada 2024, Partai Demokrat Beberkan 7 Kriteria Cagub Jakarta

Terlebih lagi, Demokrat sudah tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju atau KIM mengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Kami tak ingin mengomentari dan berandai-andai. Saat ini fokus utama dan prioritas kami adalah mempersiapkan diri menghadapi pilpres dan pileg yang kurang dari 4 bulan lagi," ujar Kamhar kepada wartawan, Selasa 24 Oktober 2023.

Politisi Demokrat Heran dengan Narasi Oposisi yang Dideklarasikan Ganjar Pranowo

Kamhar pun turut berbicara terkait dengan pertemuan AHY dengan Presiden Jokowi pada Senin kemarin. Dia menyebutkan, tidak mengetahui secara detail isi obrolan AHY dan Jokowi.

"Sehubungan dengan pertemuan kemarin sore antara Presiden Jokowi dengan Mas Ketum AHY, kami belum mengetahui apa yang menjadi pembicaraannya," kata Kamhar.

Mengenai postingan AHY memetik apel di Jawa Timur, dia mengaku itu hanya salah satu dari banyaknya kegiatan AHY keliling Indonesia.

"Jika kemudian ada yang memberikan tafsiran terhadap postingan tersebut dan mengait-ngaitkan dengan posisi kabinet, itu hak penafsir," beber dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, turut menggunggah keasikannya tengah memetik sebuah apel Malang di akun sosial medianya. Hal tersebut dilakukan setelah Presiden Joko Widodo menyatakam bakal melakukan reshuffle kabinet pekan ini.

AHY menunggah sebuah postingan foto yang mana tampak mengenakan kaos lengan panjang warna hitam dengan dibalut jaket buntung warna coklat. Dia pun tengah asik memetik buah apel di pekarangan.

"Jangan lupa untuk selalu konsumsi produk pertanian lokal kita, salah satunya produk unggulan dari Jawa Timur yaitu Apel Malang," ujar AHY di akun instagram resminya, Selasa 24 Oktober 2023.

"Ini adalah momen di mana saya bisa memetik langsung buah apel dari pohonnya, lokasinya di Kebun Puri Agung, kota Batu, Jawa Timur," lanjutnya.

Menurutnya, bidang pertanian di Indonesia itu merupakan bidang yang sudah maju dan perlu dikembangkan kembali. Sehingga dia pun menjamin partai politik akan mendorong penyediaan pupuk untuk petani.

"Partai akan terus mendorong terjaminnya ketersediaan pupuk, hadirnya inovasi teknologi dan sumber daya manusia di bidang pertanian," bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya