PAN Ungkap Proses Kilat Penetapan Gibran Cawapres Prabowo, Hanya 2 Menit

Ketua Fraksi PAN DPR, Saleh Partaonan Daulay.
Sumber :

Jakarta - Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay mengungkapkan proses para ketua umum partai politik (parpol) dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), saat menetapkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Saleh menyebutkan keputusan bulat menetapkan Gibran hanya memakan waktu kurang lebih 2 menit. 

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Pengumuman Gibran menjadi bakal cawapres dari KIM digelar di kediaman Prabowo, di kawasan Jakarta Selatan, Minggu, 22 Oktober 2023. KIM sendiri beranggotakan di antaranya Partai Gerinda, Partai Demokrat, PAN, Golkar, PBB, Gelora dan Prima. 

“Bahwa kami kan di Koalisi Indonesia Maju kan sudah sepakat bahwa semua keputusan harus musyawarah mufakat. Kemarin malam itu ketika penetapan supaya tahu, begitu ketua umum dan Sekjen hadir di tempat, saya ada di situ, mereka dimasukin, (lalu) ngobrol ada satu ruangan, itu hanya 2 menit, paling lama 3 menit,: ujar Saleh dikutip VIVA, Selasa, 24 Oktober 2023, dari tayangan diskusi “Adu Perspektif” yang disiarkan media nasional. ‘.

Di depan Bakal Calon Kepala Daerah, Zulhas: PAN Tak Pernah Minta Proyek

Prabowo Subianto dan para Ketum Partai KIM saat deklarasi Gibran jadi Cawapres.

Photo :
  • Instagram @zul.hasan

Dia melanjutkan, “Lalu semua tepuk tangan, keluar (ruangan). begitu kita tanya kenapa? Sudah bulat semuanya, tidak ada satupun yang beda pendapat kita. Artinya bahwa Gibran cawapresnya Prabowo.”

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Kemudian, lanjut Saleh, Prabowo mendorong agar dilakukan konferensi pers pada Minggu malam itu. Sehingga, kata Saleh, tak perlu dilakukan deklarasi pada hari berikutnya. 

“Prabowo bilang ‘kita langsung konferensi pers’. Lalu konferensi pers kan. Jadi di dalam konferensi pers dikatakan, capresnya adalah Prabowo, cawapresnya Gibran dan tidak ada lagi perlu deklarasi, malam itu adalah deklarasi tersendiri,” kata Saleh. 

Saleh memastikan Gibran sebelumnya sudah menerima pinangan dari KIM. Tepatnya saat bertemu para ketua umum parpol di KIM. Sehingga tak perlu lagi, dirinya muncul pada malam pengumuman tersebut. 

“Gibran, kan saat sebelum deklarasi ada rapat kemarin malamnya, sudah keliling.sudah bertemu ketua-ketua umum. Ya paling yang dibicarakan salah satunya tentang kesiapan dia, apakah benar serius, sungguh-sungguh. Apa yang akan disiapkan untuk pemenangan, bagaimana nanti dia akan bertarung, dan seterusnya, pasti tidak lari dari itu. Begitu mengatakan sudah bersedia ke seluruh ketum partai, artinya kan sudah selesai urusan dia,” kata Saleh. 

“Makanya ditanya orang kenapa Gibran pada saat pengumuman itu tidak hadir? Ya enggak perlu, orang dia (Gibran) sudah datangi semua orang-orangnya. Ketua umum partai dan pengurusnya,” ujar mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah tersebut.

Diketahui, keputusan KIM menetapkan Gibran selaku bakal cawapres Prabowo masih menuai polemik. Sebab, di sisi lain, putra sulung Presiden Jokowi itu masih kader PDIP, yang notabene sudah mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud Md sebagai capres-cawapres 2024. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya