Jokowi Bilang Dukung Semua Capres, Anies Baswedan: Keren kan Kalau Memang Netral

Bacapres Anies Baswedan tiba di gedung KPU.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengaku akan mendukung seluruh calon presiden atau capres yang berlaga di Pilpres 2024. Omongan Jokowi itu pun direspons bakal capres yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan.

Maju Pilgub Babel Kembali, Erzaldi Rosman Ngaku Didukung Prabowo

Anies meyakini figur Jokowi merupakan sosok yang netral. Kata dia, eks Wali Kota Solo itu akan menjaga kewibawaan proses  

"Beliau kami yakin presiden akan bersikap netral. Presiden akan menjaga agar kewibawaan proses demokrasi kita tetap tinggi. Dan keren kan kalau menang netral," kata Anies di Hotel Mandarin, Jakarta Pusat pada Selasa 24 Oktober 2023.

Gerindra: Prabowo Sudah Kantongi Nama untuk Pilgub Jakarta 2024

Gibran Rakabuming Raka, bacawapres Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA

Anies pun menuturkan jika nanti Gibran Rakabuming benar maju di Pilpres 2024, ia merasa tak akan khawatir. Meskipun nanti dikhawatirkan dugaan Gibran akan menggunakan fasilitas negara.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

Menurut Anies, semua orang bisa menjadi seorang wartawan dengan melaporkan jika terjadi pelanggaran dalam proses politik.

"Rasanya nggak (khawatir). Semua media nonton, semua rakyat nonton, betul nggak? Sekarang semua orang jadi reporter. Bagaimana bisa menjaga. Semua yang sifatnya pelanggaran, takutnya apa? Pemberitaan," jelas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudyaan tersebut.

Presiden Jokowi dan Gus Yahya di acara Apel Hari Santri 2023, di Surabaya

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi menjawab rasa penasaran Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang ingin tahu siapa figur bakal capres yang didukungnya. Sikap PDIP diketahui sudah mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai pasangan capres-cawapres 2024. 

Merespons Puan, Jokowi tak menyebut satu nama spesifik bakal capres. Dia hanya bilang mendukung tiga bakal capres saat ini yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam kontestasi Pilpres 2024. Alasan Jokowi dukung semua bacapres karena untuk kebaikan negara.

"Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini. Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini," kata Jokowi kepada wartawan di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 22 Oktober 2023.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya