Survei LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Unggul di Jawa Barat, Jawa Timur dan Banten

Ketum Gerindra sekaligus bakal capres Prabowo Subianto di Pilpres 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, merilis hasil survei mereka untuk elektabilitas capres-cawapres. Untuk pasangan Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka, unggul di Jawa Barat, Jawa Timur dan Banten, dari lima provinsi terbesar pemilih. Sementara pasangan Ganjar PranowoMahfud MD unggul di Jawa Tengah dan Sumatera Utara.

Momen Akrabnya Ibu Negara Iriana dengan Selvi Ananda

Demikian disampaikan Direktur Citra Publik LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas, dalam paparan hasil survei terbaru lembaganya, secara daring, Selasa, 24 Oktober 2023. 

Dirincikan Hanggoro, pasangan calon Prabowo-Gibran akan mendulang 56,5 % di Jawa Barat, 44,1 % di Jawa Timur, 11,4 % di Jawa Tengah, 30,0 % Sumatera Utara, dan 42,1 % di Banten. 

Approval rating Jokowi tembus 77%, Ini Faktor Pemicunya Versi Polling Institute

Sedangkan Ganjar-Mahfud, di Jawa Barat meraup 22,1 %, Jawa Timur 42,4 %, Jawa Tengah 73,3 %, Sumatera Utara 62,0 % dan Banten 13,3 %. 

Untuk diketahui, LSI Denny JA melakukan survei ini dengan metode tatap muka (face to face interview) dan menggunakan kuesioner kepada 1200 responden di seluruh Indonesia.

Maju Wali Kota Solo, Politisi Muda PDIP Terinspirasi Gibran Rakabuming Raka

Dengan 1200 responden, margin of error survei ini sebesar 2.9 %. Survei ini dilakukan pada tanggal 4-12 September 2023.

"Perlu saya garis bawahi, ini adalah hasil dari breakdown, dari survei nasional ini kita breakdown menjadi per provinsi dan tentunya konsekuensinya margin of error-nya semakin membesar. Jadi secara statistik kita membaca margin of error-nya tidak 2,9 % lagi, tapi per provinsi akan menjadi berbeda," kata Hanggoro. 

Sementara dari enam pulau, lanjut Hanggoro, Prabowo-Gibran diprediksi unggul di empat teritori. Yakni Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Maluku-Papua. 

“Di Sumatera, Prabowo-Gibran mendapatkan 37.5 %, Sulawesi (59.7 %), Kalimantan (40.0 %) dan Maluku-Papua (38.7 %). Sedangkan Ganjar-Mahfud unggul di dua teritori (Jawa dan Bali-NTB-NTT). Di Pulau Jawa, Ganjar-Mahfud mendapatkan 41.7 %, di Bali-NTB-NTT mendapatkan 40.0 %,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya