Besok, Jokowi Bakal Lantik Pejabat di Istana

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan tugas-tugas para staf khusus presiden usai mereka bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melaksanakan pelantikan terhadap pejabat di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Sukses Jalankan Misi Perdamaian di Kongo, 1.021 Prajurit TNI Dianugerahi Satya Lencana dari Jokowi

Siapa yang akan dilantik Presiden Jokowi?

“Besok memang direncanakan ada pelantikan pejabat di Istana Negara,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana saat dikonfirmasi wartawan pada Selasa, 24 Oktober 2023..

Minta Jangan Bawa Orang Toxic ke Pemerintahan, Luhut Yakin Prabowo Setuju Dengannya

Namun, Ari tidak menyebutkan siapa pejabat yang akan diambil sumpah jabatan dan dilantik oleh Presiden Jokowi besok. “Mengenai siapa yang dilantik dan dalam posisi apa, nanti saya akan update lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan akan ada perombakan atau reshuffle menteri Kabinet Indonesia Maju pada pekan ini. Saat ini posisi Menteri Pertanian masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) Arief Prasetyo yang juga Kepala Badan Pangan Nasional. “Mungkin Minggu ini,” kata Jokowi di Hutan Kota Plataran, Senayan pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Grace Natalie Dipanggil Jokowi ke Istana, Bilang Ada Penugasan dari Presiden

Presiden Jokowi.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya-tangkapan layar

Namun, Jokowi tidak menyebut kapan hari dan waktu untuk perombakan kursi kabinet. Sebab, kata dia, masih dalam persiapan untuk reshuffle kabinet tersebut. “Baru disiapkan (hari),” ujarnya.

Ketika ditanya pos apa saja yang direshuffle, Jokowi cuma jawabnya begini. “Menteri Pertanian,” ucapnya.

Diketahui, Presiden Jokowi telah menunjuk Kepala Badan Pangan, Arief Prasetyo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian. Sebab, Syahrul Yasin Limpo telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian yang dikirim ke Menteri Sekretaris Negara, Pratikno pada Kamis sore, 5 Oktober 2023.

“Penggantinya masih Plt. Plt Pak Arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 6 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya