LSI Denny JA: Masyarakat Tamatan SD Paling Banyak Memilih Prabowo-Gibran

Gibran Rakabuming Raka saat belajar naik kuda dengan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • istimewa.

Jakarta – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis temuan riset terbarunya jelang Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Temuan LSI Denny JA terkait pemilih duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sekjen PDIP Sebut Megawati Cermati Presidential Club yang Digagas Prabowo

Direktur Citra Publik LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas menjelaskan masyarakat berpendidikan tamat SD ke bawah banyak milih pasangan Prabowo-Gibran dibandingkan paslon Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Jumlah tamatan SD yang memilih Prabowo-Gibran dimaksud mencapai 43,1 persen. 

“Masyarakat dengan pendidikan tamat SD ke bawah paling banyak memilih Prabowo-Gibran (43.1 persen) Sedangkan pendidikan SMP sederajat paling banyak memilih Prabowo-Gibran (43.2 persen),” kata Hanggoro Doso Pamungkas dalam paparannya secara daring, Selasa, 24 Oktober 2023. 

PDIP: Megawati Bertemu Prabowo pada 17 Agustus

Prabowo Subianto Rakernas II Partai Golkar

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menuturkan terkait segmen pendidikan SMA sederajat, paling banyak memilih Ganjar-Mahfud sebesar 40,6 persen. Begitu juga dengan pendidikan tamat D3 ke atas, paling banyak memilih Ganjar-Mahfud 35.4 persen. 

Sekjen Gerindra: Prabowo Akan Menepati Janjinya setelah Dilantik

“Anies dan Muhaimin mendapatkan suara tertinggi kedua di kalangan pendidikan D3 ke atas, walau masih kalah oleh Ganjar-Mahfud 27.8 persen,” jelas Hanggoro. 

Sementara, dia menyebut dari segmen gender, laki-laki maupun perempuan pilihan paling banyak kepada Prabowo-Gibran. 

“Di kalangan pemilih laki-laki, Prabowo-Gibran mendapatkan 40.0 persen. Di kalangan pemilih perempuan Prabowo-Gibran mendapatkan 38.5 persen,” ujarnya.

Gibran Rakabuming Raka saat hadir di Rakernas Projo VI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pun, dalam temuan lain LSI Denny JA, menyampaikan duet Prabowo-Gibran unggul telak jika head to head dengan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Keunggulan Prabowo-Gibran itu jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran dan ada dua pasangan calon yang masuk. Dari hasil survei LSI Denny JA itu, Prabowo–Gibran meraup 52,5  persen. Sementara, Ganjar Pranowo – Mahfud MD meraih 44,4 persen.

Untuk diketahui, LSI Denny JA melakukan survei ini dengan metode tatap muka (face-to-face interview) dan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia.

Dengan 1.200 responden, margin of error survei ini sebesar 2.9 persen. Survei tersebut dilakukan pada tanggal 4-12 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya