Jokowi Beri Selamat ke Mahfud MD Setelah Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Menkopolhukam sekaligus bakal cawapres Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Menkopolhukam, Mahfud MD, sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo, di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Selasa 24 Oktober 2023. Selain tugas kenegaraan dimana dia sebagai menteri, dirinya juga melaporkan terkait keputusan menjadi cawapres mendampingi capres Ganjar Pranowo.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

"Jadi saya tadi jam 15.30 WIB sudah menghadap Presiden di Istana, ada yang masalah umum tugas sehari hari yang minta dijaga continuitas-nya," kata Mahfud kepada wartawan, di Kemenkopolhukam RI, Selasa, 24 Oktober 2023.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

Tidak hanya itu, Mahfud mengaku diberi ucapan selamat oleh Presiden Jokowi, karena sudah resmi menjadi calon wakil presiden (cawapres). Saat menerima tawaran menjadi cawapres lalu dideklarasikan, Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Tiongkok dan Arab Saudi.

"Kemudian yang khusus masalah saya jadi cawapres dan Presiden mengucapkan selamat kepada saya, selamat telah dipilih jadi cawapres," katanya.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Mahfud juga menyebut, Presiden Jokowi mendoakan agar berjalan dengan lancar. Namun, soal jabatan sebagai Menkopolhukam, Mahfud akan mengikuti sesuai dengan peraturan yang ada.

"Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar, dan soal jabatan saya tetap saja sesuai dengan peraturan, saya kalau di dalam jabatan menteri ini seperti menteri lain tentunya," jelas eks Ketua Mahkamah Konstitusi, MK, itu.

Sebelumnya, Mahfud MD mengaku sejak dideklarasikan sebagai bakal cawapres Ganjar Pranowo, dirinya belum menghadap Presiden Jokowi. Mahfud mengatakan dia belum sempat menghadap karena masih menunggu jadwal dari orang nomor satu di Republik Indonesia tersebut.

Mahfud telah mendaftarkan diri sebagai calon Wakil Presiden RI mendampingi Ganjar Pranowo untuk Pemilu Presiden 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Adapun, pasangan Ganjar dan Mahfud didukung oleh PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo.

Saat mendaftar ke KPU, Mahfud telah mengirim surat kepada Presiden Jokowi untuk permohonan menjadi bakal calon wakil presiden dan permohonan izin cuti. Surat dikirim melalui Kementerian Sekretariat Negara, mengingat Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Arab Saudi.

Akhirnya, Presiden Jokowi mengizinkan Mahfud untuk ikut maju sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilu Presiden 2024 mendatang, termasuk izin cuti saat mendaftarkan diri ke KPU RI.

Kemudian, Mahfud MD menghadap Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 24 Oktober 2023.

"Bertemu Presiden. Menteri biasa rutin. Ya banyak hal lah," kata Mahfud di Kompleks Istana. Kepresidenan Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya