Prabowo-Gibran Raup Banyak Suara Milenial dan Gen Z, Hasil Survei LSI Denny JA

Prabowo dan Gibran
Sumber :
  • VIVA / Fajar Sodiq (Solo)

Jakarta – Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka, diprediksi meraup banyak suara untuk usia muda. Sedangkan pasangan Ganjar PranowoMahfud MD, unggul di pemilih usia tua.

Terima Kunjungan Dubes India yang Baru, Prabowo Dorong Peningkatan Kerjasama

Demikian disampaikan Direktur Citra Publik LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas, dalam paparan hasil survei terbaru lembaganya, Selasa, 24 Oktober 2023. 

“Pemilih dengan usia di bawah 30 tahun, pilihan paling banyak kepada Prabowo-Gibran 49,5 %. Pemilih dengan usia lebih dari 30 tahun pilihan paling banyak kepada Ganjar-Mahfud 38-39,8 %,” kata Hanggoro.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Sedangkan Generasi Z atau 17-23 tahun, kata Hanggoro, pilihan paling banyak jatuh kepada Prabowo-Gibran yang mencapai 50 %. Begitu juga dengan generasi milenial atau 24 - 42 tahun, pilihan paling banyak juga ke Prabowo-Gibran 39,4 %.

“Generasi lainnya usia di atas 42 tahun pilihan paling banyak kepada Ganjar-Mahfud 39,1 %,” kata Hanggoro.

Jaringan Internet Jadi Daya Tarik

Hanggoro menambahkan, potensial tambahan suara dari Gibran minimal berasal dari tiga kantong suara. Pertama pemilih di Jawa Tengah 13,39 %. Kedua, pemilih milenial 48,5 %, dan ketiga pemilih yang puas terhadap Jokowi 70-80 %.

Sementara dari Mahfud MD, tambahan suara potensial minimal berasal dari dua segmen masyarakat. Pertama, pemilih NU dengan populasi sekitar 50 %, dan kedua pemilih militan antikorupsi yang jumlahnya sekitar 10 %.

“Namun tentu saja pemilih NU tidak pernah satu suara. Mereka bisa saja memilih pasangan capres yang berbeda dibandingkan imbauan guru dan para kiyai nya,” kata Hanggoro.

Untuk diketahui, LSI Denny JA melakukan survei ini dengan metode tatap muka (face to face interview) dan menggunakan kuesioner kepada 1200 responden di seluruh Indonesia.

Dengan 1200 responden, margin of error survei ini sebesar 2.9 %. Survei ini dilakukan pada tanggal 4-12 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya