Jika Dipercaya Duduk di Pemerintahan, Demokrat Akui Bakal Fokus di Bidang Pertanian

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Juru bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan persoalan isu reshuffle Menteri Kabinet Indonesia Maju era Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah hak prerogratif Presiden. Herzaky mengatakan itu merespons adanya informasi reshuffle hingga isu bahwa Ketua umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menjadi menteri pertanian.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

"Itu hak bapak presiden, ini mesti dilihat jabatan di kabinet itu jabatan menteri itu kan suatu kepercayaan besar, ini masih kita lihat bagaimana amanah itu, kemudian bisa dioptimalkan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat, dan itu haknya bapak presiden," ujar Herzaky kepada wartawan di Jakarta Pusat, Selasa 24 Oktober 2023.

Dia pun mengaku akan mendukung jika Presiden Jokowi mempercayakan suatu jabatan kepada AHY. Sebab, itu salah satu upaya mensukseskan masa jabatan Jokowi jelang berakhir.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memosting foto petik apel di media sosialnya

Photo :
  • instagram @agusyudhoyono

"Jadi bagi kami jika beliau mempercayakan suatu jabatan atau posisi kepada putra putri terbaik bangsa ini, ya kami dukung, bagaimana agar beliau dalam setahun terakhir bisa semakin baik. Kita tentunya ingin bapak Presiden Jokowi bisa soft landing seperti halnya Bapak SBY, Ibu Mega, bagaimana menghabiskan masa tahun terakhir jabatannya bisa dengan baik, dan dikenang dengan baik oleh masyarakat," kata dia.

Cerita Jokowi Bertemu Bos Apple-Microsoft: Memprihatinkan

Herzaky pun menuturkan jika Demokrat diberi kesempatan untuk menjabat satu tempat di Pemerintahan saat ini, bidang pertanian akan menjadi salah satu program prioritas Demokrat.

"Jadi Demokrat kalau misalnya kami dipercaya misalnya ke depannya di pemerintahan, tentu prioritas kami pertanian salah satunya, bagaimana penyediaan pupuk murah, bagaimana misalnya katakanlah dalam konteks kualitas produk-produk pertanian kita itu juga makin bagus gitu," bebernya.

Presiden Jokowi dan AHY

Photo :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bakal ada perombakan atau reshuffle Menteri Kabinet Indonesia Maju pada pekan ini. Isu reshuffle menguat karena posisi Menteri Pertanian masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) Arief Prasetyo yang juga Kepala Badan Pangan Nasional (BPN).

“Mungkin Minggu ini,” kata Jokowi di Hutan Kota Plataran, Senayan pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Namun, dia tak menyebut kapan hari dan waktu untuk perombakan kabinet. Sebab, menurut Jokowi, masih dalam persiapan untuk reshuffle kabinet tersebut. “Baru disiapkan (hari),” ujarnya.

Saat ditanya pos apa saja yang di-reshuffle, Jokowi cuma jawabnya begini. “Menteri Pertanian,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya