Survei: Warga NU Diprediksi Banyak Pilih Prabowo-Gibran, Muhammadiyah Ganjar-Mahfud

Bacapres Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta  Suara masyarakat ormas Nahdlatul Ulama (NU) diprediksi banyak memilih pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sedangkan masyarakat Muhammadiyah mendominasi memilih pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. 

Politikus Senior PDIP Sebut Prabowo Banyak Kesamaan dengan Bung Karno

Demikian disampaikan Direktur Citra Publik LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas dalam paparan hasil survei terbaru lembaganya, Selasa, 24 Oktober 2023. 

Diterangkan Hanggoro, pemilih Prabowo-Gibran dari masyarakat NU bisa mencapai 44.6 persen, Sementara warga Muhammadiyah yang memilih Ganjar-Mahfud Md, sebesar 52.6 persen. 

Prabowo: Ada yang Ngaku-ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sejatinya, kata Hanggoro, warga Muhammadiyah juga banyak yang memilih paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Namun suaranya lebih sedikit dari yang memilih Ganjar-Mahfud Md. 

Demokrat Sebut "Wajar dan Sah-sah Saja" Parpol KIM Minta Jatah Menteri kepada Prabowo 

“Pemilih Anies-Muhaimin paling banyak terkonsentrasi dari Muhammadiyah, walau masih di bawah Ganjar-Mahfud (21.1 persen),” ujarnya.

Kendati begitu, Hanggoro menyadari pemilih NU tidak pernah satu suara. Mereka bisa saja memilih pasangan capres yang berbeda dibandingkan imbauan guru dan para kiai-nya.

Anies Baswedan dan Cak Imin diarak pakai jeep mobil ke KPU.

Photo :
  • Tangkapan layar tvOne

 LSI Denny JA melakukan survei ini dengan metode tatap muka (face-to-face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Responden diberikan pertanyaan: Bila pemilihan presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden dan wakil presiden di antara 3 nama-nama berikut.

Dengan 1200 responden, margin of error survei ini sebesar 2.9 persen. Survei, imbuh Hangoro, dilakukan pada tanggal 4-12 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya