Mahfud MD Ungkap Pesan Jokowi soal Pemilu Bukan untuk Bermusuhan

Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengungkapkan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepadanya usai bertemu di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 24 Oktober 2023.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Pesan Jokowi berkaitan dengan kontestasi Pemilu 2024 yang mengharapkan ajang demokrasi itu dapat berjalan dengan lancar tanpa permusuhan.

"Beliau menitip [pesan] agar pemilu berjalan dengan baik, pemilu bukan untuk bermusuhan, tapi untuk bersama-bersama mencari wakil rakyat dan pemimpin negara yang dipilih oleh rakyat sendiri," kata Mahfud MD kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Selasa.

Pernyataan Oposisi Ganjar Bisa Jadi Sikap Politik PDIP, Menurut Pakar BRIN

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Photo :
  • Dok. VIVA

Di sisi lain, Mahfud mengaku diberi ucapan selamat oleh Presiden Jokowi usai resmi menjadi bakal calon wakil presiden pasangan Ganjar Pranowo. Dia menemui Presiden untuk memastikan bahwa tugas sehari-harinya di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tetap terjaga meski dia kelak mesti cuti untuk kampanye.

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

"Presiden mengucapkan selamat kepada saya, selamat telah dipilih jadi cawapres, mudah-mudahan semuanya berjalan lancar," katanya.

Mahfud MD sebelumnya mengaku, sejak dideklarasikan sebagai bakal cawapres Ganjar Pranowo sampai saat ini, dia belum menghadap Presiden Jokowi. Dia belum sempat menghadap Jokowi karena masih menunggu jadwal dari orang nomor satu di Republik Indonesia tersebut.

Mahfud telah mendaftarkan diri sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo untuk Pemilu Presiden 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Kamis, 19 Oktober 2023. Pasangan Ganjar dan Mahfud didukung oleh PDIP, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Saat mendaftar ke KPU, Mahfud telah mengirim surat kepada Presiden Jokowi untuk permohonan menjadi bakal calon wakil presiden dan permohonan izin cuti. Surat dikirim melalui Kementerian Sekretariat Negara mengingat Presiden Jokowi saat itu kunjungan kenegaraan ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Arab Saudi.

Akhirnya, Presiden Jokowi mengizinkan Mahfud untuk ikut maju sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilu Presiden 2024, termasuk izin cuti saat mendaftarkan diri ke KPU RI.

Kemudian, Mahfud menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 24 Oktober.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya