Hasto Blak-blakan Sempat Dilobi Perpanjangan Jabatan Presiden 3 Periode

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, hasto Kristiyanto mengaku dilobi oleh salah satu menteri kabinet Indonesia Maju soal perpanjangan masa jabatan Presiden selama tiga periode.

Gerindra Tepis Anggapan Jokowi Jadi Penghalang PDIP Berkoalisi dengan Prabowo

"Jadi saya sendiri mengalami itu. Jadi ketika saat itu saya sedang nyekar di makam bung Karno Blitar, tiba-tiba muncul berita salah satu menteri yang mengatakan berdasarkan big datanya, itu ada cukup banyak yang mendorong perpanjangan jabatan atau tiga periode," kata Hasto kepada wartawan di Hotel Borobudur Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023.

Di sisi lain, Hasto menjamin pernyataannya. Ia juga menyebut sempat ada permintaan dari beberapa ketua umum partai soal perpanjangan masa jabatan tersebut atas dasar permintaan 'Pak Lurah'.

Gerindra Sebut Daftar Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Terungkap Mendekati Oktober 2024

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Surabaya, Jatim.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

"Sebelumnya saya bertemu dengan menteri tersebut dan dikonfirmasi bahwa sikap-sikat ketua umum beberapa partai yang menyuarakan itu, saat itu dikatakan, ya sebagai 'permintaan pak lurah'," kata dia.

Usai Dipecat PDIP, Gibran Ngaku Sudah Siapkan Perahu: Tenang Aja Ya

Kendati demikian, Hasto menegaskan bahwa PDIP merupakan salah satu partai yang menjunjung tinggi konstitusi dan taat pada peraturan di Indonesia. Serta, kata dia, PDIP juga berupaya membangun demokrasi secara sehat.

"Kami mendengar itu. Maka kemudian karena PDIP ini juga lahir dengan suatu semangat untuk membangun demokrasi yang sehat, yang taat pada Konstitusi. Maka PDIP bersama rakyat Indonesia memilih tegak lurus pada konstitusi. Itu sikap yang diambil oleh PDIP," kata Hasto.

"Jadi, berbagai upaya yang dilakukan oleh beberapa ketua umum, saat itu yang saya dapat informasinya, ini bisa dikroscek, saya pertanggungjawabkan secara politik hukum dan juga di hadapan tuhan yang maha kuasa, di hadapan Rakyat Indonesia, bahwa itu memang ada melalui pihak-pihak lain yang kemudian disuarakan ke PDIP," sambungnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Surabaya

Photo :
  • PDIP

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDIP, Adian Napitupulu mengungkap awal mula perseteruan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga dengan PDIP.

Adian menyebut, PDIP tak merestui permintaan Jokowi untuk memperpanjang masa jabatannya sebagai presiden menjadi tiga periode dan menambah masa jabatan.

“Nah ketika kemudian ada permintaan tiga periode, Kami tolak. Ini masalah konstitusi, ini masalah bangsa, ini masalah rakyat, yang harus kita tidak bisa setujui,” kata Adian dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 25 Oktober 2023.

Menurut Adian, PDIP menolak permintaan itu karena tak ingin mengkhianati konstitusi. PDIP, klaim Adian, ingin menjaga konstitusi karena terkait dengan keselamatan bangsa dan negara serta rakyat Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya