RSPAD Serahkan Hasil Pemeriksaan Kesehatan Tiga Capres-cawapres ke KPU

Ketua KPU Hasyim Asyari dan tim RSPAD laporkan hasil tes kesehatan.
Sumber :
  • Tangkapan layar tvOne

Jakarta - Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan untuk tiga pasangan bakal capres dan bakal cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jumat, 27 Oktober 2023.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Tiga pasangan bakal capres-cawapres yang dimaksud yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, terakhir pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto, dr A. Budi Sulistya menyatakan pemeriksaan tes kesehatan terhadap tiga pasangan capres-cawapres itu dilakukan oleh tim pemeriksa yang profesional dan independen.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

"Alhamdulillah semua tahapan pemeriksaan telah dilaksanakan dari tanggal 21 Oktober sampai dengan 26 Oktober 2023 hasil sudah kami serahkan kepada Ketua KPU RI dan beliau akan menyampaikan kepada publik," ungkap Budi di Kantor KPU RI, Jumat, 27 Oktober 2023. 

Tes Kesehatan Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Dari hasil pemeriksaan tes kesehatan ini, KPU akan menyimpulkan apakah pasangan bakal capres-bakal cawapres itu dinyatakan lolos atau tidak untuk mengikuti rangkaian kontestasi Pilpres 2024

Seperti diketahui, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto pada Sabtu, 21 Oktober 2023. 

Kemudian, pada Minggu 22 Oktober 2023 dilanjutkan pemeriksaan kesehatan terhadap duet Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Terakhir, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjalani tes kesehatan pada Kamis, 26 Oktober 2023. 

Tes Kesehatan Bacapres Anies Baswedan dan Bacawapres Muhaimin Iskandar

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Adapun rangkaian tes kesehatan diatur dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KKPU) Nomor 1374/2023 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan bakal capres dan bakal cawapres dalam Pemilu 2024. KPU menunjuk RSPAD Gatot Soebroto sebagai tempat pemeriksaan kesehatan.

Tes kesehatan para pasangan capres-cawapres mencakup CT scan, diagnostik, pemeriksaan pembuluh darah dalam jantung, tes fungsi organ keseluruhan, tes pembuluh darah. Selain itu, ada test pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging atau MRI untuk profil kesehatan, lalu pengukuran kapasitas paru-paru, tes treadmill, USG, wawancara untuk mendiagnosis gangguan pemecahan masalah, dan tes narkoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya