KPU Nyatakan 3 Pasangan Capres-cawapres Lolos Tes Kesehatan Pilpres 2024

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari
Sumber :
  • Ist

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) lolos uji kesehatan untuk mengikuti rangkaian kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Adapun tiga pasangan capres-cawapres yang dimaksud yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, serta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Ketua KPU Hasyim Asyari dan tim RSPAD laporkan hasil tes kesehatan.

Photo :
  • Tangkapan layar tvOne
Badan Saksi Nasional Golkar Optimis Menang 70 Persen di Pilkada 2024

Dengan lolosnya tes kesehatan bagi ketiga pasangan capres-cawapres itu, maka KPU menyimpulkan semuanya dinyatakan mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden jika terpilih nanti.

"Menurut hasil pemeriksaan dinyatakan bahwa mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Dan juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba," ujar Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari saat membacakan hasil pemeriksaan kesehatan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Oktober 2023.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Dalam kesempatan yang sama, Kepala RSPAD Gatot Soebroto, A. Budi Sulistya menyatakan tidak ada kendala bagi tiap pasangan capres-cawapres dalam melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Masing-masing memiliki hasil pemeriksaan kesehatan yang tidak ada kendala berkaitan dengan kesehatannya, baik jasmani rohani. Dan juga tidak dapat didapatkan penyalahgunaan narkoba," ungkap Budi.

Seperti diketahui, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto pada Sabtu, 21 Oktober 2023. 

Kemudian, pada tanggal 22 Oktober 2023 dilanjutkan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan terhadap pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Terakhir, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjalani tes kesehatan pada Kamis, 26 Oktober 2023. 

Ilustrasi surat suara di pemilu

Photo :
  • vstory

Adapun rangkaian tes kesehatan diatur dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KKPU) Nomor 1374/2023 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden dalam Pemilu 2024. KPU menunjuk Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto sebagai tempat pemeriksaan kesehatan.

Tes kesehatan para pasangan capres-cawapres mencakup CT scan, diagnostik, pemeriksaan pembuluh darah dalam jantung, tes fungsi organ keseluruhan, tes pembuluh darah, MRI untuk profil kesehatan, pengukuran kapasitas paru-paru, tes treadmill, USG, wawancara untuk mendiagnosis gangguan pemecahan masalah,dan tes narkoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya