Puan Benarkan Jenderal Agus Diusulkan Jokowi sebagai Panglima TNI

Ketua DPR RI sekaligus Presiden AIPA ke-44, Puan Maharani
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani membenarkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon tuggal Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. Diketahui, Yudo bakal memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. 

Gerindra Tepis Anggapan Jokowi Jadi Penghalang PDIP Berkoalisi dengan Prabowo

"Pada kesempatan ini saya akan umumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, nama yang diusulkan Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto SE., Msi yang saat ini menjabat sebagai KSAD," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023. 

Presiden Jokowi melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai KSAD

Photo :
  • Setkab
Jokowi dan Gibran Tak Dianggap Kader Lagi oleh PDIP, Qodari: Kesalahan Fatal

Mantan Menko PMK itu pun memastikan DPR akan menindaklanjuti surat presiden (Surpres) terkait nama calon Panglima TNI. 

"Karenanya sesuai dengan mekanisme yang ada DPR akan memulai proses dari mekanisme di DPR untuk bisa menindaklanjuti surat usulan calin Panglima tersebut sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada di DPR. Semoga proses ini bisa berjalan dengan lancar dan baik, sehingga penggantian Panglima TNI yang akan datang bisa berjalan dengan baik dan tidak ada kekosongan Panglima TNI yang akan datang," kata Politikus PDIP itu. 

Jokowi Teken UU Desa, Kades Bisa Menjabat Maksimal 16 Tahun

Sebelumnya Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengkonfirmasi surat presiden soal pergantian Panglima TNI. Dalam waktu dekat, akan dilakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan. 

KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Istri, Evi Sophia

Photo :
  • Instagram: 91agussubiyanto

Sebagaimana diketahui, Jenderal Agus baru enam hari dilantik Jokowi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Pria yang lahir pada 5 Agustus 1967 ini merupakan seorang perwira tinggi Tentara Nasional Angkatan Darat yang kini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat menggantikan Jenderah Dudung Abdurachman.

Agus Subiyanto menyelesaikan Akademi Militernya pada tahun 1991, ia berasal dari kecabangan Infanteri (Komando Pasukan Khusus). Sebelum diangkat menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, ia menjabat sebagai wakil Dudung Abdurachman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya