Apresiasi Komitmen Jokowi Bantu Palestina, DPR Sebut Kondisi Gaza Makin Kritis

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengapresiasi komitmen Presiden Joko Widodo untuk membantu rakyat Palestina di jalur Gaza.

Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

"Komisi I DPR RI mengapresiasi janji Presiden Joko Widodo yang akan mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina di Gaza," kata Meutya di Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023.

Menurut dia, dengan lumpuhnya berbagai fasilitas kesehatan, makin minimnya bahan makanan, serta serangan Israel dilakukan secara acak terhadap masyarakat dan fasilitas sipil, telah membuat masyarakat Palestina begitu menderita dan membutuhkan bantuan kemanusiaan secepat mungkin.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

VIVA Militer: Serangan militer Israel di Jalur Gaza, Palestina

Photo :
  • standard.co.uk

"Semoga bantuan itu sesegera mungkin untuk dikirimkan," ujarnya.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Meutya mengatakan bantuan yang diberikan bagi rakyat Palestina di Gaza bukan hanya berasal dari pemerintah Indonesia, tetapi seluruh masyarakat Indonesia.

"Semua pihak, seluruh elemen masyarakat, bersama-sama membantu, berempati dan turut merasakan kesedihan yang dialami rakyat Palestina di Gaza," katanya.

Dia menambahkan bahwa sejak 7 Oktober 2023, DPR terus memutakhirkan informasi kondisi di Gaza dan melihat situasi yang makin kritis bagi rakyat Palestina.

Warga Palestina mengevakuasi korban serangan udara Israel di Rafah, Gaza

Photo :
  • AP Photo/Hatem Ali

Pernyataan Presiden Joko Widodo yang secara tegas mengutuk keras serangan Israel terhadap masyarakat dan fasilitas sipil di Gaza serta meminta penghentian kekerasan dan gencatan senjata, tambah Meutya, seharusnya menjadi sikap semua negara di dunia.

"Bukan justru memprovokasi atau mendukung dengan memberikan peralatan militernya ke Israel. Ini bukan soal siapa kalah atau siapa yang menang, ini soal kemanusiaan, begitu banyak bahkan ribuan korban perempuan, anak anak, orang tua," katanya menegaskan.

Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan usai rapat terbatas terkait Palestina di Istana Negara, Senin. Presiden menegaskan sikap pemerintah Indonesia yang mengecam keras serangan terhadap warga Palestina di Gaza. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya