LSJ: Hasil Survei Menegaskan Sebagian Besar Publik Yakin Jokowi Dukung Prabowo

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis beberapa hasil temuannya terkait dinamika menuju Pilpres 2024. Salah satunya duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dinilai sebagai pasangan yang dapat dukungan penuh dari Presiden Jokowi.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto menjelaskan terkait endorsement Jokowi di 2024, terpotret dalam survei bahwa pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan hasil 66,5 persen dengan mengalahkan duet Ganjar Pranowo-Mahfud MD 28,8 persen.

Dia menyebut mayoritas responden yakin Jokowi akan melabuhkan dukungan kepada Prabowo-Gibran daripada Ganjar Pranowo-Mahfud. Bagi dia, hal itu jadi bukti konkret baik Prabowo maupun Gibran akan didukung Jokowi.

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

"Jadi, hasil survei kami menegaskan sebagian besar publik yakin Presiden Jokowi memberi dukungan kepada Prabowo dan tentu juga Gibran," kata Fetra, Selasa, 31 Oktober 2023.

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Soal Peluang Ajak Jokowi Gabung ke PAN, Zulhas Berkelakar: Pak Jokowi Owner 

Dia menuturkan alasan Jokowi berlabuh ke Prabowo - Gibran di pesta demokrasi 2024. Salah satu faktor kuat karena Prabowo merupakan menteri dengan kinerja baik di kabinet Jokowi.

Prabowo selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan, dinilai berupaya besar dalam modernisasi alat pertahanan Indonesia. Kata Fetra, Ketua Umum Gerindra itu bekerja keras untuk mengembangkan dan memperkuat industri pertahanan nasional.

Selain itu, Prabowo dianggap bisa mengurangi ketergantungan pada impor senjata, serta menciptakan lapangan kerja dalam sektor pertahanan.

Lebih lanjut, dia menuturkan, Prabowo juga berhasil bawa Indonesia menuju kemandirian pertahanan yang lebih besar dan kemampuan untuk menghadapi berbagai ancaman keamanan. Maka itu, Prabowo kerap disebut menteri paling dipercayai Jokowi.

"Jokowi ini melihat bahwa Prabowo sebagai salah satu tokoh menteri kabinet yang memiliki prestasi. Jadi wajar Jokowi memberi endorsement ke Prabowo," ujar Fetra.

Temuan lainnya dalam LSJ yaitu menyangkut simulasi dua pasangan atau head to head antara duet Prabowo-Gibran melawan Ganjar-Mahfud. Hasilnya, Prabowo-Gibran unggul dengan meraup suara 52,8 persen serta selisih 12,7 persen.  

Presiden Jokowi bersama Menhan Prabowo

Photo :
  • Dokumentasi Kemhan

Menurut Fetra, simulasi dua nama itu jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran. "Dalam simulasi Pilpres putaran kedua antara pasangan Prabowo-Gibran melawan pasangan Ganjar-Mahfud, hasil survei LSJ menunjukkan bahwa 52,8 persen responden memilih pasangan Prabowo-Gibran," kata Fetra.

Survei terbaru LSJ dilakukan secara nasional dalam kurun waktu 18-26 Oktober 2023 di 38 Provinsi di seluruh Indonesia. Sebanyak 1.200 responden yang dilibatkan dalam survei terbaru LSJ.

Adapun, metode survei diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap atau multistage random sampling.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya