Ganjar Sebut Indonesia Punya Peluang Jadi Inisiator Perdamaian Palestina dan Israel

Ganjar Pranowo di Ponpes Arrahman, Palembang Sumatera Selatan
Sumber :
  • VIVA/ Sadam Maulana

Semarang - Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo mengatakan bahwa pemerintah Indonesia harus bisa menjadi inisiator perdamaian pada konflik antara Palestina dan Israel.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

"Kalau kita lihat seluruh dunia bergerak, maka Indonesia harus ikut berkontribusi. Organisasi-organisasi di konferensi Islam harus bicara. Di PBB kita harus bicara carikan solusi agar bisa mendamaikan," kata Ganjar melalui keterangan tertulis yang diterima di Semarang, Senin, 6 November 2023.

Mantan gubernur Jawa Tengah dua periode itu juga mengutuk keras adanya peperangan karena hanya akan mengakibatkan kesengsaraan, bahkan faktanya anak-anak serta perempuan banyak yang menjadi korban.

Hizbullah Tembakan Puluhan Rudal ke Pemukiman di Perbatasan Israel

Israel Kembali Serang Gaza Palestina

Photo :
  • (AP Photo/Oded Balilty)

"Apa pun yang namanya perang itu menyengsarakan. Anak-anak dan perempuan jadi korban. Rumah sakit juga jadi korban," ujarnya saat bersilaturahmi di Pondok Pesantren Hidayatul Fudhola' Walisongo, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Kemalangan di Gaza, Warga Palestina Minum Air Tidak Layak Konsumsi

Oleh karena itu, menurutnya, Indonesia harus mengambil sikap dan menginisiasi perdamaian pada konflik Palestina dan Israel.

"Penyelesaian politik harus dilakukan dan, suka tidak suka, mau tidak mau, harus ada yang menginisiasi. Saya kira Indonesia punya kesempatan itu. Maka, sekarang dalam konteks politik bebas aktif kita hari ini harus menginisiasi," katanya.

Menurut dia, upaya perdamaian bisa dilakukan dengan berkomunikasi ke Dewan Keamanan PBB, Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), atau penyelesaian two-state sollution. "Ya, kita bicara dengan Palestina dan juga Israel sehingga akan lebih baik," ujarnya.

Israel Kembali Serang Gaza Palestina

Photo :
  • (AP Photo/Hatem Moussa)

Ditegaskan pula bahwa seluruh perang yang terjadi di dunia saat ini harus dihentikan, termasuk konflik Palestina dan Israel. Sebab, perang membikin bencana dan penderitaan, memunculkan dendam baru yang tidak berkesudahan. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya