Ganjar-Mahfud Komitmen Lindungi Perempuan dan Anak dari Perundungan

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Daftar Capres-Cawapres di KPU
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud MD, Aryo Seno Bagaskoro mengatakan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah menyiapkan program untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak yakni 'Jaga Teman'. Menurut dia, program ini akan dibentuk di seluruh lembaga maupun lingkungan masyarakat.

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

"Program jaga teman ini ada satu rangkaian program yang tercantum dalam visi misi Ganjar dan Mahfud, terutama memberikan perhatian terhadap perempuan dan anak dalam hal kesejahteraan, melindungi anak dalam menghadapi berbagai kasus kekerasan yang marak terjadi," kata Seno melalui keterangannya pada Minggu, 12 November 2023.

Menurutnya, program ini pernah diimplementasikan oleh Ganjar saat menjabat Gubernur Jawa Tengah. Memang, kata dia, Ganjar sangat serius menangani masalah kekerasan hingga perundungan kepada perempuan dan anak.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Bahkan, Seno menyebut Ganjar sudah punya komitmen keberpihakan pada perempuan dan anak sejak duduk di DPR, seperti memperjuangkan pengesahan kuota afirmasi bagi perempuan di ruang politik. Saat menjadi gubernur, lanjut dia, Ganjar membawa Jawa Tengah menjadi provinsi pelopor perlindungan anak dengan program Jogo Konco sebagai program andalan.

"Maka, semangat itu yang berusaha ditingkatkan dalam semangat perlindungan anak dan perempuan. Sebab, dalam hal ini kata kuncinya adalah penyiapan ekosistem dan penumbuhan kesadaran kolektif. Ini harus tegas, tapi tidak bisa instan. Harus ditumbuhkan," ujarnya.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat temani Ganjar Pranowo-Mahfud MD daftar capres-cawapres di KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Seno menjelaskan spirit utama program jaga teman adalah membangkitkan kesadaran keberpihakan pada korban, memberikan ruang yang memadai dalam pendampingan dengan fasilitas yang cukup di tiap tingkatan penegakan hukum, termasuk penguatan anggaran bagi Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak.

"Kemudian memberikan edukasi sosialisasi serta pembangkitan kesadaran secara rutin untuk berpihak kepada korban, baik aparat penegak hukum kemudian lingkungan keluarga," jelas dia.

Diketahui, Ganjar dan Mahfud diusung sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024 oleh PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura dan Partai Perindo. Mereka telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) dan mengikut tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya