Jenderal Agus Subiyanto Jawab Tudingan Jokowi Man: Kebetulan Saya Pernah Dinas di Solo

Jenderal Agus Subiyanto menjalani 'Fit and Proper Test' Calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Jakarta, Senin, 13 November 2023.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Kepala Staf Angkatan TNI Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto meluruskan soal tudingan kedekatannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jenderal Agus yang diproyeksikan sebagai Panglima TNU itu disebut sebagai Jokowi man.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Agus tak menafikan sempat mengemban posisi Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta yang berbarengan dengan Presiden Jokowi keitka menjabat Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah.

“Memang saya itu berdinas tidak hanya di Solo. Mungkin kebetulan waktu saya (pernah) di Solo bertemu dengan Pak Jokowi,” kata Agus usai fit and proper test calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Jenderal TNI Agus Subiyanto dilantik Presiden Jokowi sebagai KSAD.

Photo :
  • tniad.mil.id

Menurut dia, kedekatan dengan pimpinan daerah merupakan bagian dari pekerjaan. Sebab, kata dia, TNI memang harus membangun sinergi dan kolaborasi dengan seluruh pimpinan daerah yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

“Jadi, bagi saya pada saat menjabat, saya selalu melaksanakan tugas bareng-bareng dalam bentuk Forkopimda itu,” ujarnya.

Pun, dia menuturkan juga sempat bertugas sebagai Komandan Resor Militer (Danrem) 061/Suryakencana di Bogor. Lalu, pernah juga menjabat Panglima Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi yang menaungi wilayah Banten dan Jawa Barat.

“Kebetulan saya pernah Danrem di Bogor ketemu juga dengan Bima Aria, wakilnya sampai sekarang kita dekat. Terus saya pernah Pangdam III Siliwangi dengan Pak Ridwan Kamil dan Pak Uu, saya dekat juga,” jelas Agus.

Jenderal TNI Agus Subiyanto, Fit and Proper Test Calon Panglima TNI di DPR

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Saya pernah jadi Danrem di Palu, ketemu juga Pak Longki, Pasha Ungu sampai sekarang dekat hubungannya,” ujar dia.

Jenderal Agus Subiyanto diusulkan sebagai calon Panglima TNI untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. Agus dipilih Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Nama Agus sebagai calon Panglima TNI sempat dispekulasikan dengan kepentingan politik 2024. Salah satunya karena Agus belum lama ini dilantik sebagai KSAD pada 25 Oktober 2023. Agus menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang akan purnabakti pada 19 November 2023.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR, Agus disetujui seluruh fraksi untuk menggantikan Yudo Margono jadi Panglima TNI. Namun, Agus mesti disahkan dalam paripurna DPR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya