Jenderal Agus Subiyanto: Jangan Ragukan Netralitas TNI di Pemilu

Jenderal TNI Agus Subiyanto, Fit and Proper Test Calon Panglima TNI di DPR
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Agus Subiyanto menegaskan jangan meragukan netralitas TNI dalam seluruh proses Pemilu 2024.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Kini, Agus telah disetujui Komisi I DPR RI sebagai Panglima TNI usai menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Gedung DPR pada Senin, 13 November 2023.

“Tentang netralitas TNI, jangan ragukan kita TNI. Kita TNI koridornya sudah jelas bahwa netralitas TNI harga mati,” kata Agus.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Pertama, kata Agus, Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 sudah ditegaskan bahwa TNI tidak boleh berpolitik praktis. Selain itu, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu juga demikian, apabila TNI berpolitik praktis akan dikenakan hukuman pidana ataupun disiplin. “Hukuman disiplin dari unsur pimpinan atau atasannya,” ujarnya.

Jenderal TNI Agus Subiyanto, Fit and Proper Test Calon Panglima TNI di DPR

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Sementara, Agus mengatakan langkah yang dilakukan untuk komitmen menjaga netralitas TNI salah satunya memberikan buku saku kepada seluruh prajurit. 

“Kemudian memberikan penyuluhan, penekanan kepada seluruh prajurit sampai ke tingkat pangkat terendah apa yang harus dilakukan, dan apa yang tidak dilakukan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon Panglima TNI di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Senayan pada Senin, 13 November 2023. 

Dalam paparan visi misinya, Agus memastikan prajurit TNI akan netral pada seluruh tahapan Pemilu 2024. “Berkaitan pesta demokrasi Pemilu 2024, saya berkomitmen untuk memberikan jaminan netralitas TNI pada setiap tahapan pemilu,” kata Agus.

Selain itu, Agus juga akan memperkuat sinergi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam mengamankan seluruh tahapan proses Pemilu 2024. Menurut dia, TNI dan Polri akan membangun latihan dan posko bersama. “Sehingga, keberlangsungan roda pemerintahan dan stabilitas politik tetap terjaga,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya