TKN Prabowo-Gibran Minta Para Pendukung Tak Datangi KPU Besok

Nusron Wahid
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meminta para pendukung untuk tidak mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Selasa, 14 November 2023, saat lembaga tersebut akan mengundi nomor urut untuk pasangan capres-cawapres peserta Pemilu Presiden 2024.

Prabowo: Ada yang Ngaku-ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai

"Kami imbau kepada pendukung-pendukung kami, dalam rangka pengambilan dan penetapan nomor urut besok malam, supaya tidak perlu datang ke KPU," kata Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, kepada wartawan di Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Imbauan itu disampaikan guna menghidari hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pengundian nomor urut. Dia ingin proses demokrasi berjalan secara alamiah.

Demokrat Sebut "Wajar dan Sah-sah Saja" Parpol KIM Minta Jatah Menteri kepada Prabowo 

Pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

"Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, biarkan proses demokrasi ini berjalan secara alamiah, berjalan secara partisipatoris, tidak berjalan secara mobokrasi alias adanya mobilisasi yang berdalih kepada partisipasi demokrasi," katanya.

Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mengundi penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada pukul 18.30 WIB, Selasa, 14 November. Tiga pasangan sudah resmi diumumkan KPU kontestan resmi Pemilu Presiden 2024.

Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Kholik, dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Senin, mengatakan bahwa penetapan nomor urut calon presiden dan calon wakil presiden itu juga sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam pasal 235 ayat (2) acara rapat pleno KPU terbuka.

"Sebagaimana ketentuan yang terdapat di dalam pasal 235 ayat 2 acara rapat pleno KPU terbuka untuk pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden," katanya.

Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum)

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

KPU, pada Senin, 13 November 2023, menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2024. Penetapan itu setelah KPU memverifikasi dokumen dan melihat hasil tes kesehatan ketiga pasangan tersebut.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya