Prabowo Ingin Teruskan Tradisi Indonesia Jadi Negara Nonblok

Ketum Gerindra sekaligus bakal capres Prabowo Subianto di Pilpres 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon presiden Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto menegaskan Indonesia akan tetap berpegang teguh pada kebijakan luar negeri yang independen. Indonesia tetap berpedoman pada prinsip nonblok dalam menghadapi dinamika global saat ini.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Hal itu dikatakan Prabowo dalam acara 'Pidato Calon Presiden Republik Indonesia: Arah dan Strategi Politik Luar Negeri' yang digagas oleh Centre for Strategis and International Studies (CSIS) di Jakarta, Senin, 13 November 2023.

"Sejak awal kemerdekaan, kami menerapkan politik luar negeri yang independen, berpedoman pada prinsip politik luar negeri nonblok. Tradisi politik luar negeri kami selalu nonblok, dan kami tidak menginginkan tergabung dalam blok geopolitik manapun," kata Prabowo dalam pidatonya.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Kebijakan tersebut, kayanya, telah dirancang oleh para pendiri bangsa Indonesia sekaligus sebagai cara terbaik yang diinginkan masyarakat Indonesia.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Ilustrasi PBB.

Photo :
  • Istimewa

Prabowo juga menilai, kebijakan nonblok sangat cocok diterapkan demi memenuhi kepentingan Indonesia. 

"Tradisi ini, saya berkomitmen untuk melanjutkan dan mempertahankannya. Karena ini bukan hanya tradisi kami, tapi keinginan rakyat kami. Lebih penting lagi, ini demi kepentingan nasional kita," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya