Teriakan 'Amin' Menggema di Kantor KPU saat Pembacaan Doa Jelang Pengundian Nomor Urut

Suasana jelang pengundian nomor urut capres-cawapres di KPU.
Sumber :
  • Tangkapan layar tvOne

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengadakan pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di kantor lembaga itu di Jakarta, Selasa malam, 14 November 2023.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Ketiga pasangan calon, antara lain Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Mereka semua telah resmi dinyatakan memenuhi syarat.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sejumlah elite hingga petinggi partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan kompak meneriakkan 'Amin', akronim dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, saat acara baru saja dimulai setelah sesi makan malam bersama di kantor KPU.

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1

Suasana jelang pengundian nomor urut capres-cawapres di KPU.

Photo :
  • Tangkapan layar tvOne

Ketika pembaca doa tengah memimpin doa bersama, kubu pasangan Anies-Cak Imin paling keras berseru 'Amin'.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Pasangan Anies-Cak Imin duduk paling kiri menghadap ke tribun halaman KPU. Di sampingnya ada pasangan Ganjar-Mahfud MD dan di sebelahnya ada Prabowo-Gibran.

Acara dilanjutkan untuk melakukan pengambilan nomer urut. Dalam pengundian yang disaksikan oleh seluruh petinggi KPU, masing-masing pasangan capres-cawapres, dan para ketua umum partai politik itu didapat hasil pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor 3.

Segera setelah masing-masing pasangan capres-cawapres, Ketua KPU Hasyim Asy'ari menetapkan nomor hasil pengundian tersebut sebagai nomor resmi yang akan dipakai di surat suara dalam Pemilu Presiden 2024.

Hercules menyalami capres Prabowo Subianto.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

"Dengan demikian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk pemilu 2024 adalah sebagai berikut, nomor urut 1 untuk pasangan calon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 untuk pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, nomor urut 3 untuk pasangan calon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD," kata Hasyim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya