Emil Dardak: Kami dengan Setulus Hati Ingin Membantu Perjuangan dan Ikhtiar Mas Gibran

Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka (kiri) berbincang bersama juru bicaranya, Emil Elestianto Dardak (kedua kiri) dan Arumi Bachsin (kedua kanan), sebelum memberikan keterangan pers di Jakarta, Selasa, 14 November 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Rivan Awal Lingga

Jakarta - Juru bicara calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka, Emil Elestianto Dardak, menyatakan kesiapannya untuk mendukung perjuangan Gibran dalam kontestasi politik bersama calon presiden RI Prabowo Subianto.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

"Kami tentu dengan setulus hati ingin membantu perjuangan dan ikhtiar Mas Gibran," kata Emil saat konferensi pers di Jakarta, Selasa, 14 November 2023.

Emil melihat bahwa potensi besar pada Gibran Rakabuming Raka dalam membawa nuansa kepemimpinan yang berbeda sangat relevan dengan apa yang sedang berlaku di Indonesia.

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Saya melihat bahwa ada potensi besar untuk membawa warna yang sangat berbeda dalam kepemimpinan Indonesia. Yang sangat relevan dengan apa yang sedang berlaku," katanya.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur itu juga berharap dengan menjadi juru bicara Gibran dapat mempererat tali persaudaraan antara Partai Demokrat dan Gibran.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengundi nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di kantor lembaga itu di Jakarta, Selasa malam, 14 November 2023.

Dalam pengundian yang disaksikan oleh seluruh petinggi KPU, masing-masing pasangan capres-cawapres, dan para ketua umum partai politik itu didapat hasil pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor 3.

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Segera setelah masing-masing pasangan capres-cawapres, Ketua KPU Hasyim Asy'ari menetapkan nomor hasil pengundian tersebut sebagai nomor resmi yang akan dipakai di surat suara dalam Pemilu Presiden 2024.

"Dengan demikian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk pemilu 2024 adalah sebagai berikut, nomor urut 1 untuk pasangan calon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 untuk pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, nomor urut 3 untuk pasangan calon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD," kata Hasyim.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Penetapan Nomor Urut Paslon Capres-cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya