Sudirman Said Beri Jawaban Soal Kans Jusuf Kalla dan Susi Pudjiastuti Gabung Timnas AMIN

Sudirman Said
Sumber :
  • ANTARA Foto/Hafidz Mubarak

Jakarta – Wakil Kapten Timnas Anies-Cak Imin (AMIN) Sudirman Said buka suara terkait dengan adanya informasi bahwa nama Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) dan nama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti bakal gabung Timnas Pemenangan AMIN.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

"Apakah Bu Susi bersedia menjadi bagian dari tim? Secara resmi kita belum tahu. Tapi dari sisi wacana kecenderungan dari sisi values Bu Susi tampaknya menjadi bagian dari usaha-usaha perubahan mudah-mudahan," ujar Sudirman di Rumah Perubahan Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 16 November 2023.

Sudirman juga menjelaskan bahwa dirinya tak memaksakan Susi untuk bergabung dalam Timnas AMIN. "Kita menghormati kalaupun beliau tidak masuk dalam tim tapi kami dalam komunikasi yang baik," kata dia.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Anies Baswedan umumkan Timnas Pemenangan Amin.

Photo :
  • ANTARA Foto

Dia juga turut menjelaskan bahwa JK tidak akan bergabung dalam Timnas AMIN. Pasalnya, JK saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI).

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

"Pak JK mungkin tidak bisa bergabung, karena beliau kan Ketua PMI, saya saja kan sebagai sekjen tahun lalu mengundurkan diri," ujarnya.

Tetapi dia memastikan akan ada nama yang cukup besar akan bergabung dalam Timnas AMIN. Nama itu yakni mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga manta Kepala BIN, Sutiyoso.

"Pak Sutiyoso Insya Allah bergabung, karena Pak Sutiyoso kan Dewan Pembina atau Dewan Penasihat Partai Nasdem," ujarnya.

Nasdem Ungkap Nama Tokoh yang Bakal Gabung

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem, Hermawi Taslim mengatakan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso hingga mantan Jaksa Agung, Muhammad Prasetyo akan bergabung dalam Timnas Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

"Banyak (tokoh bergabung), misalnya ada Sutiyoso, Prasetyo mantan Jaksa Agung," ujar Hermawi kepada wartawan dikutip Kamis 16 November 2023.

Tak hanya itu, Hermawi juga turut menyebutkan mantan Menteri Agama, Fachrul Razi dan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Tyasno Sudarto dan mantan Wakapolri, Oegroseno rencananya juga akan bergabung dalam Timnas AMIN. "Itu nanti semua akan masuk, anda boleh catat," kata Hermawi.

Menurut Hermawi semua yang nantinya akan bergabung, enggan untuk dijelaskan secara gamblang. Pasalnya, Koalisi Perubahan sengaja hanya baru mengumumkan nama-nama Captain dan Co-Captain Timnas AMIN.

"Kita nggak mau pamer yang begitu, kita butuh orang kerja. Kita bikin ini hanya untuk memenuhi ketentuan formal," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, mantan Kepala Badan SAR Nasional Mardsya TNI Muhammad Syaugi Alaydrus resmi terpilih sebagai kapten Timnas Pemenangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN). 

Pengumuman Kapten Timnas AMIN disampaikan langsung oleh Anies Baswedan di Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa 14 November 2023. "Izinkan kami memperkenalkan nama-nama tim

Kapten timnas yakni bapak marsekal mayda (purn) Muhammad Syaugi Alaydrus," ujar Anies Baswedan di lokasi, Selasa 14 November 2023.

Anies turut membeberkan line up full dari Timnas AMIN. Berikut daftarnya : 

1. Captain: Muhammad Syaugi Alaydrus

2. Co-Captain1: Sudirman Said

3. Co-Captain 2: Thomas Trikasih Lembong

4. Co-Captain 3: Al Muzzammil Yusuf

5. Co-Captain 4: Nihayatul Wafiroh

6. Co-Captain 5: Azrul Tanjung

7. Co-Captain 6: Nasirul Mahasin

8. Co-Captain 7: Leontinys Alpha Edison

9. Co-Captain 8: Yusuf Muhammad Martak

10. Co-Captain 9: Ki KRT H Lebdo Nagoro Anom Suroto

11. Co-Captain 10: Muhammad Jumhur Hidayat

12. Co-Captain 11: Maksum Faqih

13. Co-Captain 12: Suyoto

14. Sekjen Timnas: Novita Dewi

15. Bendahara Timnas: Gede Widiade

16. Tim Hukum Nasional: Ari Yusuh Amir

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya